Berikut ini saya lampirakan contoh pengisian instrumen validasi KTSP SMA
INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN KTSP
Nama Sekolah : SMAN Jakarta
Nama Kepala Sekolah :
Alamat Sekolah :
Kabupaten/Kota : JAKARTA
DOKUMEN I
No
|
Komponen KTSP/Indikator
|
Penilaian
|
Catatan
|
||
Ya
|
Tdk
|
||||
Cover/halaman judul
|
|||||
V
|
|||||
V
|
|||||
V
|
2010-2011
|
||||
4. Alamat sekolah
|
V
|
||||
V
|
|||||
V
|
|||||
V
|
|||||
4. Tempat untuk
tanda tangan kepala/ pejabat dinas pendidikan provinsi
|
V
|
||||
Kesesuaian
dengan halaman
|
V
|
||||
I
|
PENDAHULUAN
|
||||
A
|
Rasional
|
||||
1.
|
Latar belakang memuat:
|
||||
- kondisi nyata
|
V
|
||||
- kondisi ideal
|
V
|
||||
- Potensi dan karakteristik satuan pendidikan
|
V
|
||||
2.
|
Mencantumkan dasar hukum yang relevan
|
||||
- Undang-undang No 20 thn 2003
|
V
|
||||
- PP No 19 thn 2005
|
V
|
||||
- Permendiknas No 22, 23, dan 24 thn 2006
|
V
|
||||
- Permendiknas No 6 thn 2007
|
V
|
||||
- Peraturan Daerah yang relevan
|
V
|
||||
B
|
Visi
Satuan Pendidikan
|
||||
1.
|
Ringkas dan mudah dipahami
|
V
|
|||
2.
|
Mengacu pada tujuan
pendidikan menengah yaitu untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan
mengikuti pendidikan lebih lanjut.
|
V
|
|||
3.
|
Mengacu tuntutan SKL Satuan
Pendidikan, sebagaimana tercantum pada Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006
|
V
|
|||
4.
|
Berorientasi pada potensi,
perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik .
|
V
|
|||
5.
|
Berorientasi pada kepentingan daerah, nasional dan internasional.
|
V
|
|||
6.
|
Berorientasi pada
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
|
V
|
|||
7.
|
Memberi inspirasi dan tantangan dalam
meningkatkan prestasi secara berkelanjutan untuk mencapai keunggulan
|
V
|
|||
8.
|
Mendorong semangat dan
komitmen seluruh warga satuan pendidikan untuk meningkatkan kualitas proses
dan hasil pendidikan
|
V
|
|||
9.
|
Mengarahkan langkah-langkah strategis yang
konsisten dengan penjabaran misi satuan pendidikan.
|
V
|
|||
C
|
Misi
Satuan Pendidikan
|
||||
Menjabarkan pencapaian visi dalam bentuk pernyataan yang terukur dan
dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup:
|
V
|
||||
1.
|
Seluruh indikator visi
|
V
|
|||
2
|
Sebagian dari indikator visi
|
V
|
|||
D
|
Tujuan
Satuan Pendidikan
|
||||
Menjabarkan pencapaian misi dalam bentuk pernyataan yang terukur dan
dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup:
|
V
|
||||
1.
|
Seluruh indikator misi
|
V
|
|||
2
|
Sebagian dari indikator misi
|
V
|
|||
II
|
STRUKTUR
DAN MUATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
|
||||
Struktur Kurikulum Satuan Pendidikan, memuat:
|
|||||
1.
|
Daftar mata pelajaran dan
muatan lokal sesuai dengan standar isi
|
V
|
|||
2
|
Pengaturan alokasi waktu per mata pelajaran
disesuaikan dengan standar isi, kebutuhan peserta didik dan sekolah dengan total waktu 38 - 39 Jam per minggu.
|
V
|
|||
3
|
Pengaturan alokasi waktu per
mata pelajaran disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan sekolah
dengan memanfaatkan tambahan 4 Jam per
minggu.
|
V
|
|||
Program Muatan Lokal, mencantumkan:
|
|||||
1.
|
Jenis dan strategi pelaksanaan muatan lokal yang
dilaksanakan sesuai dengan kebijakan daerah
|
V
|
|||
2.
|
Jenis dan strategi pelaksanaan muatan lokal yang
dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan karakteristik sekolah.
|
V
|
|||
4.
|
V
|
||||
5.
|
Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan
program muatan lokal
|
V
|
|||
Kegiatan Pengembangan Diri, mencantumkan:
|
|||||
1.
|
Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan
program layanan konseling dan atau layanan akademik/belajar, sosial dan
pengembangan karier peserta didik
|
V
|
|||
2.
|
Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan
program pengembangan bakat, minat dan prestasi peserta didik.
|
V
|
|||
Pengaturan Beban Belajar,
mencantumkan:
|
|||||
1.
|
Uraian tentang rasionalisasi pemanfaatan tambahan
4 (empat) jam pelajaran per minggu
|
||||
2.
|
Uraian tentang pengaturan alokasi waktu
pembelajaran per jam tatap muka,
jumlah jam pelajaran per minggu, jumlah minggu efektif per tahun
pelajaran, jumlah jam pelajaran per tahun.
|
V
|
|||
3.
|
Uraian tentang pemanfaatan 60% dari jumlah waktu
kegiatan tatap muka pada mata pelajaran tertentu, untuk penugasan terstruktur
(PT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT).
|
V
|
|||
4.
|
Uraian tentang pelaksanaan
program percepatan bagi siswa yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat
istimewa (bila ada).
|
V
|
|||
Ketuntasan Belajar, mencantumkan:
|
|||||
1.
|
Daftar kriteria ketuntasan minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran pada
setiap tingkatan kelas.
|
V
|
|||
2.
|
Uraian tentang mekanisme dan
prosedur penentuan KKM
|
V
|
|||
3.
|
Uraian tentang upaya
sekolah dalam meningkatkan KKM untuk mencapai KKM ideal (100%)
|
V
|
|||
Kenaikan Kelas mencantumkan:
|
|||||
1.
|
Kriteria kenaikan kelas sesuai dengan kebutuhan
sekolah dg. mempertimbangkan ketentuan pada SK Dirjen Mandikdasmen No.
12/C/Kep/TU/2008.
|
V
|
|||
2.
|
Uraian tentang pelaksanaan penilaian hasil
belajar siswa (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir
semester dan ulangan kenaikan kelas), sesuai dengan ketentuan yang diatur
dalam Standar Penilaian Pendidikan.
|
V
|
|||
3.
|
Uraian tentang mekanisme dan prosedur pelaporan
hasil belajar peserta didik
|
V
|
|||
4.
|
Uraian tentang pelaksanaan program remedial dan
pengayaan
|
V
|
|||
Kelulusan, mencantumkan:
|
|||||
1.
|
Kriteria kelulusan berdasar pada ketentuan PP
19/2005 Pasal 72 ayat 1
|
V
|
|||
2.
|
Uraian tentang pelaksanaan
ujian nasional dan ujian sekolah
|
V
|
|||
3.
|
Target kelulusan yang akan
dicapai oleh sekolah
|
V
|
|||
4.
|
Uraian tentang
program-program sekolah dalam meningkatkan kualitas lulusan.
|
V
|
|||
5.
|
Uraian tentang program pasca
ujian nasional sebagai antisipasi bagi siswa yang belum lulus ujian akhir.
|
V
|
|||
Penjurusan, mencantumkan
|
|||||
1.
|
Kriteria penjurusan sesuai dengan kebutuhan
sekolah dg mempertimbangkan ketentuan yang diatur pada SK Dirjen Mandikdasmen
No. 12/C/Kep/TU/2008
|
V
|
|||
2.
|
Uraian tentang program penelusuran bakat, minat
dan prestasi peserta didik
|
V
|
|||
3.
|
Uraian tentang mekanisme dan
proses pelaksanaan penjurusan.
|
V
|
|||
Pendidikan Kecakapan Hidup
dan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global, mencantumkan:
|
V
|
||||
1.
|
Uraian tentang penerapan
pendidikan kecakapan hidup.
|
V
|
|||
2.
|
Uraian tentang
penyelenggaraan pendidikan berbasis keunggulan lokal
|
V
|
|||
3.
|
Uraian tentang upaya sekolah dalam menuju
pendidikan berwawasan global.
|
V
|
|||
III
|
KALENDER
PENDIDIKAN, Mencantumkan:
|
||||
1.
|
Pengaturan tentang permulaan tahun pelajaran.
|
V
|
|||
2.
|
Jumlah minggu efektif belajar satu tahun
pelajaran
|
V
|
|||
3.
|
Jadwal waktu libur (jeda tengah semester, antar
semester, libur akhir tahun pelajara, libur keagamaan, hari libur nasional
dan hari libur khusus)
|
V
|
|||
LAMPIRAN
|
|||||
1.
|
V
|
||||
V
|
|||||
V
|
|||||
V
|
|||||
V
|
|||||
V
|
|||||
§ Silabus muatan lokal kelas XII program yang
dilaksanakan
|
V
|
||||
2
|
Laporan Hasil analisis Konteks
|
V
|
|||
3
|
Contoh
hasil penentuan KKM (satu mata pelajaran)
|
V
|
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sudah
sesuai dengan arah pengembangan KTSP,
untuk tahun kedepan di kembangkan sesuai perkembangan sekolah (review berkelanjutan)
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Petugas Validasi/Verifikasi
DOKUMEN II dan LAMPIRAN
No
|
Komponen KTSP/Indikator
|
Penilaian
|
Catatan
|
||||
Ya
|
Tidak
|
||||||
I
|
Silabus
|
||||||
A
|
Identitas
Silabus
|
||||||
Mencantumkan: nama sekolah, mata pelajaran,
kelas, semester, standar Kompetensi dan alokasi waktu.
|
V
|
||||||
B
|
Komponen
Silabus
|
||||||
Silabus mencakup komponen: Kompetensi dasar (KD),
Materi Pembelajaran (MP), Kegiatan Pembelajaran – (KP), Indikator Pencapaian
Kompetensi (KP), Penilaian (P), Alokasi Waktu (AW) dan Sumber Belajar (SB).
|
V
|
||||||
C
|
Rumusan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar
(KD)
|
||||||
Mencakup seluruh SK dan KD
untuk kelas X, XI dan XII
|
V
|
||||||
D
|
Rumusan
Materi Pembelajaran
|
||||||
1
|
Dikembangkan sesuai dengan tingkatan ranah
kognitif (fakta, konsep dan prosedur), afektif 9sikap/perilaku) dan
psikhomotor (keterampilan) pada setiap KD.
|
V
|
|||||
2
|
Urutan materi pembelajaran dikembangkan sesuai
IPK, dengan memperhatikan pendekatan prosedural dan hirarkis.
|
V
|
|||||
3
|
Mengintegrasikan potensi, kenunggulan dan budaya
daerah setempat
|
V
|
|||||
E
|
Rumusan
Kegiatan Pembelajaran
|
||||||
1
|
Menjabarkan aktifitas peserta didik dalam proses
pembelajaran sesuai dengan IPK
|
V
|
|||||
2
|
Dikembangkan mengacu pada
tingkatan kompetensi pada IPK (hasil pemetaan SK/KD)
|
V
|
|||||
3
|
Urutan kegiatan pembelajaran sesuai dengan urutan
tingkatan kompetensi pada IPK
|
V
|
|||||
4
|
Mengimplementasikan inovasi pembelajaran
(metode/model) sesuai dengan tututan KD
|
V
|
|||||
Mencantumkan pembelajaran TM, PT dan KMTT sesuai
dengan tuntutan KD
|
V
|
||||||
F
|
Rumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
||||||
1
|
IPK sesuai dengan hasil pemetaan SK/KD pada
Standar Isi
|
V
|
|||||
2
|
Kata Kerja Operasional (KKO)
pada IPK tidak melebihi tingkatan KKO dalam KD
|
V
|
|||||
3
|
Setiap KD dikembangkan menjadi ≥ 3 KKO
|
V
|
|||||
4
|
KKO mencakup ranah
kompetensi afektif, kognitif dan psikhomotor, sesuai tuntutan KD.
|
V
|
|||||
G
|
Rumusan
Penilaian
|
||||||
1
|
Mencantumkan bentuk dan
jenis penilaian yang dikembangkan berdasarkan IPK.
|
V
|
|||||
2
|
Bentuk dan jenis penilaian
mencakup ranah kompetensi afektif,
kognitif dan psikhomotor, sesuai tuntutan KD.
|
V
|
|||||
H
|
Rumusan Alokasi Waktu
|
||||||
1
|
Mencantumkan alokasi KD untuk setiap KD sesuai dengan hasil pemetaan SK/KD pada standar
isi
|
V
|
|||||
2
|
Mengacu pada jumlah minggu
efektif belajar dan alokasi yang tercantum dalam struktur kurikulum.
|
V
|
|||||
I
|
Rumusan Sumber Belajar
|
||||||
1
|
Mencantumkan berbagai jenis
sumber belajar (buku, laporan hasil penelitian, jurnal, majalah ilmiah,
kajian pakar bidang studi, situs-situs internet, multimedia, lingkungan, dan
narasumber.
|
V
|
|||||
2
|
Mengacu pada hasil pemetaan
SK/KD, materi pembelajaran dan
kegiatan pembelajaran
|
V
|
|||||
II
|
LAMPIRAN
|
||||||
1.
|
V
|
||||||
V
|
|||||||
V
|
|||||||
V
|
|||||||
V
|
|||||||
V
|
|||||||
§ Silabus muatan lokal kelas XII program yang
dilaksanakan
|
V
|
||||||
2
|
Laporan Hasil analisis Konteks
|
V
|
|||||
3
|
Contoh
hasil penentuan KKM (satu mata pelajaran)
|
V
|
|||||
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Telah
tersusun Sesuai dengan petunjuk tehnis
KTSP.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Petugas Validasi/Verifikasi
Jakarta, 11
s/d 12 Oktober 2010
0 Komentar