keutamaan hari jumat

*Keutamaan Hari Jumat*

_*1. Amal-Amal Hari Jumat Dapat Menghapus Dosa*_

Dari Abu Hurairah Ra., bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda "(Antara) Sholat lima waktu dan Jumat ke Jumat adalah penghapus dosa-dosa di sela-sela itu, selama bukan dosa-dosa besar."

(HR Muslim No.233)

_*2. Hari Jumat Adalah Hari Terjadinya Kiamat*_

Dari Abu Hurairah Ra., bahwasanya ia mendengar Rasulullah Saw. bersabda "Kita datang terakhir dan pertama pada hari kiamat, meskipun mereka diberi kitab sebelum kita. Dan ini adalah hari di mana mereka mendapat kewajiban, namun kemudian mereka berselisih di dalamnya. Allah lalu memberi hidayah kepada kita, maka semua manusia akan mengikuti kita (hari ini), besok hari untuk Yahudi dan Nasrani hari setelahnya lagi."

(HR. Bukhari No.876, Muslim No.855)

_*3. Hari Jumat Adalah Hari Diciptakannya Adam*_

Dari Abu Hurairah Ra., Nabi Saw. bersabda, "Hari yang terbaik dimana setiap kali matahari terbit adalah Hari Jumat. Pada Hari Jumat, Adam diciptakan dan pada hari itu juga dimasukkan ke surga, dan pada hari itu dia dikeluarkan dari surga, serta tidak terjadi kiamat kecuali Hari Jumat."

(HR. Muslim No.854)

_*4. Hari Jumat Sebagai Hari Raya*_

Dari Abu Hurairah Ra., dia berkata bahwa Rasulullah Saw. bersabda "Wahai kaum muslimin, sesungguhnya hari ini (Jumat) adalah hari yang Allah jadikan bagi kalian sebagai hari raya. Maka hendaklah kalian mandi dan bersiwak (pada hari itu)."

(HR. Tabrani No.3433)

Posting Komentar

0 Komentar