LOGO IBU KOTA NEGARA (IKN) NUSANTARA


Presiden RI Joko Widodo telah mengumumkan secara terbuka pemenang sayembara logo resmi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Selasa 30 Mei 2023 di Istana Negara Jakarta.

Logo IKN yang bernama Pohon Hayat yang terpilih didesain ole Aulia Akbar

Logo tersebut memiliki perincian sebagai berikut :

1. Lima akar di bagian bawah mewakili Pancasila, 

2. Tujuh batang di bagian tengah mewakili tujuh pulau besar dalam wilayah Indonesia,

3. 17 kelopak bunga di bagian atas mewakili tanggal kemerdekaan RI.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan bahwa filosofi Pohon Hayat juga sejalan dengan pembangunan IKN dan Tema Pohon Hayat itu selaras dengan spirit menumbuhkan rasa bangga Indonesia.

"Logo Pohon Hayat juga memiliki filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN, menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa sebagai negara besar, sebagai bangsa yang besar, bangsa yang majemuk dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan juga lingkungan beserta ekosistemnya," ujar Jokowi.

Pemenang sayembara logo tersebut mendapatkan hadiah Rp 185 juta dan lima desainer yang terlibat dalam pembuatan logo IKN Nusantara lainnya mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing Rp 15 juta.

Berikut nama desainer dari lima logo yang telah dipilih Presiden Jokowi untuk selanjutnya diserahkan kepada masyarakat untuk dipilih:

1. Agra Satria. Pendiri dan direktur kreatif MATA Studio. Agra adalah alumni DKV ITB dan Master in Visual Branding Design Domus Academy Italy.
2. Aulia Akbar. Desainer grafis yang berdomisili di Bandung. Aulia Akbar merupakan lulusan ITENAS yang menjadi co-founder POT Branding House.
3. Dimas Fakhruddin. Desainer grafis profesional asal Malang, Jawa Timur. Dimas merupakan pendiri Yumakiso Studio, studio desain grafis yang berfokus pada branding, packaging, dan tipografi.
4. Ismiaji Cahyono. Kepala Studio desain SUNvisual dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ismiaji merupakan lulusan DKV ITB ini mengawali kariernya di Leboye Design sebelum melanjutkan program master ke the school of the art Chicago melalui beasiswa fulbright.
5. Wildan Ilham. Co-founder workbyw, konsultan brand di Jakarta. Karyanya telah dipublikasikan di berbagai media internasional seperti The Dieline dan Brand Magazine Hong Kong.

sekian





Posting Komentar

0 Komentar