KISI – KISI PENULISAN SOAL
Jenis Sekolah :
SMA
Alokasi Waktu : 120 menit
Mata Pelajaran : MATEMATIKA IPS
Jumlah Soal : 40 soal
Kurikulum : STANDAR ISI
No
|
Kompetensi
( SKL )
|
SK
/ KD
|
Kelas
/ Semester
|
Kemampuan
yang diuji
|
Indikator
Soal
|
No
Soal
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1
|
Menggunakan
logika matematika dalam pemecahan masalah
|
4. Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang
berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
4.1
Memahami pernyataan
dalam matematika dan ingkaran atau
negasinya
4.3
Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau
pernyataan berkuantor yang diberikan
|
X / 2
|
1. Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari suatu pernyataan
majemuk atau pernyataan berkuantor
|
1. Disajikan Premis berkuantor, Siswa dapat menentukan ingkaran
nya dengan tepat
2. Disajikan premis berkuantor, siswa dapat menentukan
ekivalensi/setara nya dengan tepat
|
1
2
|
4.4 Menggunakan prinsip logika
matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah
|
X/2
|
2. Menentukan kesimpulan dari beberapa premis
|
3. Disajikan beberapa premis, siswa dapat menarik kesimpulan
dengan tepat
|
3
|
||
2.
|
Memahami konsep
yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar, dan logaritma, fungsi aljabar
sederhana, fungsi kuadrat dan grafiknya, persamaan dan pertidaksamaan
kuadrat, komposisi dan invers fungsi, sistem persamaaan linear, program
linear, matriks, barisan dan deret, serta mampu menggunakannya dalam
pemecahan masalah
|
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat,
akar, dan logaritma
1.1
Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
1.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang
melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
|
X / 1
|
3. Menentukan hasil operasi bentuk pangkat, akar dan logaritma
|
4. Disajikan bentuk pecahan berpangkat, siswa dapat
menyederhanakan menjadi pangkat positif dengan tepat
5. Disajikan operasi aljabar bentuk akar, siswa dapat
menyederhanakan dengan tepat
6. Disajikan operasi aljabar
bentuk logaritma, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan
pengurangan dengan tepat
|
4
5
6
|
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan
dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
2.2
Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
2.3Menggunakan
sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
|
X/1
X/1
X/1
|
4. Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan grafik fungsi kuadrat
|
7. Disajikan persamaan fungsi kuadrat, siswa dapat menentukan
titik potong sumbu koordianat dengan tepat
8. Disajikan persamaan
fungsi kuadrat, siswa dapat menentukan koordinan titik balik dengan
tepat
9. Disajikan grafik fungsi kuadrat dengan 2 atau 3 titik yang
dilalui, siswa dapat menyusun persamaan kuadrat tersebut dengan tepat
|
7
8
9
|
||
2. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi
2.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
Menentukan
invers suatu fungsi
|
XI./2
XI./2
|
5. Menentukan komposisi dua fungsi dab invers suatu fungsi
|
10. Disajikan sebuah
fungsi, siswa dapat menentukan invers fungsi
tersebut dengan tepat
11. Disajikan dua buah
fungsi satu fungsi linear dan kuadrat, siswa dapat menentukan komposisi dua
fungsi dengan tepat
|
10
11
|
||
|
|
2.4 Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
|
X/1
X/1
|
6.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
|
12.Disajikan persamaaan kuadrat, siswa dapat menentukan akar
–akar persamaan kuadrat tersebut dengan tepat
13. Disajikan persamaan kuadrat yang tidak dapat
difaktorkan,siswa dapat menentukan
jumlah kuadrat akar – akar nya dengan tepat
|
12
13
|
2.4 Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
|
X/2
|
7. Menyelesaikan
pertidaksamaan kuadrat
|
14. Disajikan pertidaksamaan kuadrat, siswa dapat menentukan
penyelesaian pertidaksamaan kuadrat tersebut dengan tepat
|
14
|
||
3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan
linear dan pertidaksamaan satu variabel
3.1
Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear
dan kuadrat dalam dua variabel
|
X/2
|
8. Menentukan penyelesaian dalam sistem persamaan linear dua
variabel
|
15. Disajikan SPLDV, siswa dapat menentukan jumlah penyelesaian
SPLDV dengan tepat.
|
15
|
||
3.2
Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear
3.3
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear dan penafsirannya
|
X/2
|
9. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear dua variabel
|
16. Disajikan masalah sehari – hari yang bisa diubah kedalam
bentuk SPLDV, siswa dapat menyelesaikan SPLDV tersebut dengan tepat
|
16
|
||
|
|
2.
Menyelesaikan masalah program linear
2.1
Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel
|
XII/1
|
10. Menentukan nilai
optimum bentuk objektif dari daerah himpunan penyelesaian sistem
pertidaksamaan linear
|
17. Disajikan sistem pertidaksamaan linear dengan fungsi
objektif, siswa dapat menentukan nilai optimum fungsi objektif tersebut
dengan tepat
|
17
|
2.2
Merancang model matematika dari masalah program linear
2.3
Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya
|
XII/1
|
11. Menyelesaikan masalah sehari – hari yang berkaitan dengan
program linear
|
18. Disajikan masalah sehari-hari yang dapat diubah kedalam
sistem pertidaksamaan linear, siswa dapat menentukan nilai optimum dari
sistem pertidaksamaan linear dengan tepat.
|
18
|
||
3. Menggunakan konsep
matriksvektor, dan transformasi dalam pemecahan masalah
3.1Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan
bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain
3.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2x2
|
XII/1
|
12. Menyelesaikan masalah matriks yang berkaitan dengan
kesamaan, determinan dan atau invers matriks
|
19. Disajikan kesamaan dua matriks, siswa diminta menentukan
elemen yang belum diketahui nilainya dengan tepat
20. Disajikan dua buah matriks, siswa dapat menentukan
determinan dari operasi dua matrik tersebut dengan tepat.
21. Disajikan sebuah matriks, siswa diminta menentukan invers
matrik tersebut dengan tepat.
|
19
20
21
|
||
4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
4.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n
suku deret aritmetika dan geometri
|
XII/2
|
13. Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku pertama deret
aritmatika atau geometri
|
22. Disajikan dua suku deret aritmetika, siswa diminta
menentukan jumlah n suku pertama
23. Disajikan dua suku deret geometri, siswa diminta menentukan
suku ke-n deret tersebut
24. Disajikan deret geometri tak hingga, siswa diminta
menentukan jumlah deret tersebut
|
22
23
24
|
||
|
|
4.2 Merancang model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan deret
4.3 Menyelesaikan model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya
|
XII/2
|
14. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
barisan dan deret aritmatika
|
25. Disajikan masalah sehari-hari terkait deret aritmetika,
siswa diminta menentukan jumlah deret aritmetika tersebut
|
25
|
3
|
Memahami limit fungsi aljabar, turunan fungsi, nilai
ekstrim, dan integral fungsi serta menerapkannya dalam pemecahan masalah,
|
3. Menggunakan konsep limit fingsi dan turunan fungsi
dalam pemecahan masalah.
3.1. Menghitung limit fungsi aljabar
sederhana di suatu titik.
|
XI/2
|
15. Menghitung nilai limit aljabar
|
26. Disajikan bentuk limit
aljabar pecahan kuadrat , siswa
dapat menentukan nilai limitnya dengan tepat.
|
26
|
3.3. Menggunakan sifat dan aturan
dalam perhitungan turunan fungsi aljabar.
|
XI/2
|
16. Menentukan
turunan fungsi aljabar dan aplikasinya
|
27. Disajikan turunan fungsi aljabar sederhana , siswa dapat
menentukan turunan dari fungsi
tersebut dengan tepat.
28. Disajikan turunan fungsi aljabar bentuk pangkat
tinggi, siswa dapat menentukan turunan fungsi tersebut dengan tepat.
29 Disajikan soal cerita dalam masalah sehari-hari
mengenai nilai minimum/maksimum fungsi, siswa dapat mencari nilai
minimum/maksimum fungsi tersebut dengan tepat
|
27
28
29
|
||
|
|
1.Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah
sederhana.
1.2. Menghitung integral tak tentu dan integral tentu
dari fungsi aljabar sederhana.
|
XII/1
|
17. Menentukan integral fungsi aljabar
|
30.Disajikan bentuk integral tak tentu fungsi kuadrat. Siswa dapat menentukan
hasil integral tersebut dengan tepat.
31. Disajikan bentuk integral tertentu fungsi kuadrat, siswa
dapat menentukan hasil integralnya dengan tepat.
|
30
31
|
1.3. Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah
di bawah kurva.
|
XII/1
|
18. Menentukan luas daerah dengan menggunakan integral
|
32. Disajikan fungsi kuadrat dengan batasan pada selang sumbu x,
siswa dapat menentukan luas daerah dari fungsi kuadrat dengan integral dengan
tepat
|
32
|
||
4.
|
Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data dan memahami kaidah
pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kejadian serta mampu
menerapkannya dalam pemecahan masalah
|
1. Menggunakan aturan statistika,
kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah
1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam
pemecahan masalah
|
XI/1
|
19. Menyelesaikan masalah sehari – hari yang berkaitan dengan
kaidah pencacahan, permutasi, atau kombinasi
|
33. Disajikan beberapa bilangan, siswa dapat menentukan susunan
bilangan terdiri dari 3 angka dengan tapat
34. Disajikan Sejumlah kandidat untuk mengisi suatu pengurus
suatu organisasi, siswa dapat menentukan susunan yang terjadi dengan tepat.
35. Disajikan sejumlah atlit basket, siswa dapat menentukan
banyak tim yang dapat dibentuk dari sejumlah atlit tersebut dengan tepat.
|
33
34
35
|
1.1
Menentukan ruang sampel suatu
percobaan
1.2
Menentukan peluang suatu kejadian dan
penafsirannya
|
XI/2
|
20. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang dan
frekuensi harapan suatu kejadian
|
36. Diperagakan percoban pelemparan dua buah dadu, siswa dapat
menentukan frekuensi harapan kejadian jumlah mata dadu lebih besar dari 9,
jika dilemparkan sebanyak 72 kali.
37. Disajikan masalah kelahiran anak dalam suatu keluarga yang
berencana memiliki 4 orang anak, siswa dapat menentukan peluang lahir 3 laki
dan satu perempuan dengan tepat.
|
36
37
|
||
|
|
1.3
Membaca data dalam bentuk tabel dan
diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
|
XI/1
|
21. Menentukan unsur – unsur pada diagram lingkaran atau batang
|
38. Disajikan diagram lingkaran tentang sejumlah profesi orang tua siswa suatu sekolah, siswa dapat
menentukan jumlah profesi tertentu yang
belum diketahui dengan tepat
|
38
|
1.4
Menghitung ukuran pemusatan, ukuran
letak, dan ukuran penyebaran data, serta menafsirkannya
|
XI/1
|
22. Menghitung nilai ukuran pemusatan dari data dalam bantuk
tabel atau diagram
|
39. Disajikan tabel distribusi frekuensi, siswa dapat menentukan
modus dengan tapat
|
39
|
||
1.5
Menghitung ukuran pemusatan, ukuran
letak, dan ukuran penyebaran data, serta menafsirkannya.
|
XI/1
|
23. Menentukan nilai ukuran penyebaran
|
40. Disajikan data tunggal, siswa dapat menentukan simpangan
baku dengan tapat
|
40
|
1 Komentar
mampir ya www.pateron.blogspot.com
BalasHapus