KISI – KISI PENULISAN SOAL UJIAN NASIONAL SMA MATEMATIKA IPS


KISI – KISI  PENULISAN SOAL
Jenis Sekolah : SMA
Alokasi Waktu : 120 menit
Mata Pelajaran : MATEMATIKA IPS                                                       
Jumlah Soal : 40 soal
Kurikulum : STANDAR ISI

No
Kompetensi ( SKL )
SK / KD
Kelas / Semester
Kemampuan yang diuji
Indikator Soal
No Soal
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1
Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah
4. Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
4.1   Memahami pernyataan
dalam matematika dan ingkaran atau negasinya
4.3  Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan

X / 2
1. Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari suatu pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor
1. Disajikan Premis berkuantor, Siswa dapat menentukan ingkaran nya dengan tepat


2. Disajikan premis berkuantor, siswa dapat menentukan ekivalensi/setara  nya dengan tepat

1




2
4.4 Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah

X/2
2. Menentukan kesimpulan dari beberapa premis
3. Disajikan beberapa premis, siswa dapat menarik kesimpulan dengan tepat

3
2.
Memahami konsep yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar, dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat dan grafiknya, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, komposisi dan invers fungsi, sistem persamaaan linear, program linear, matriks, barisan dan deret, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah

1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma
1.1 Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma

1.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma
X / 1
3. Menentukan hasil operasi bentuk pangkat, akar dan logaritma





4. Disajikan bentuk pecahan berpangkat, siswa dapat menyederhanakan menjadi pangkat positif dengan tepat

5. Disajikan operasi aljabar bentuk akar, siswa dapat menyederhanakan dengan tepat

6. Disajikan operasi aljabar  bentuk logaritma, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan dengan tepat
4




5



6
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
2.2 Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
2.3Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

X/1



X/1



X/1
 4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan grafik fungsi kuadrat
7. Disajikan persamaan fungsi kuadrat, siswa dapat menentukan titik potong sumbu koordianat dengan tepat

8. Disajikan persamaan  fungsi kuadrat, siswa dapat menentukan koordinan titik balik dengan tepat

9. Disajikan grafik fungsi kuadrat dengan 2 atau 3 titik yang dilalui, siswa dapat menyusun persamaan kuadrat tersebut dengan tepat

7




8



9
2. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi
2.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
Menentukan invers suatu fungsi
XI./2




XI./2
5. Menentukan komposisi dua fungsi dab invers suatu fungsi
10.  Disajikan sebuah fungsi, siswa dapat menentukan invers fungsi  tersebut dengan tepat

11.  Disajikan dua buah fungsi satu fungsi linear dan kuadrat, siswa dapat menentukan komposisi dua fungsi dengan tepat

10




11


2.4  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat


X/1




X/1
6.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat

12.Disajikan persamaaan kuadrat, siswa dapat menentukan akar –akar persamaan kuadrat tersebut dengan tepat 

13. Disajikan persamaan kuadrat yang tidak dapat difaktorkan,siswa dapat menentukan  jumlah kuadrat akar – akar nya dengan tepat

12




13
2.4  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

X/2
7.  Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat

14. Disajikan pertidaksamaan kuadrat, siswa dapat menentukan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat tersebut dengan tepat

14
3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel
3.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel

X/2
8. Menentukan penyelesaian dalam sistem persamaan linear dua variabel

15. Disajikan SPLDV, siswa dapat menentukan jumlah penyelesaian SPLDV dengan tepat.

15
3.2 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
3.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya
X/2
9. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
16. Disajikan masalah sehari – hari yang bisa diubah kedalam bentuk SPLDV, siswa dapat menyelesaikan SPLDV tersebut dengan tepat

16


2. Menyelesaikan masalah program linear
2.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel

XII/1
10.  Menentukan nilai optimum bentuk objektif dari daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear

17. Disajikan sistem pertidaksamaan linear dengan fungsi objektif, siswa dapat menentukan nilai optimum fungsi objektif tersebut dengan tepat


17





2.2 Merancang model matematika dari masalah program linear
2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya

XII/1
11. Menyelesaikan masalah sehari – hari yang berkaitan dengan program linear

18. Disajikan masalah sehari-hari yang dapat diubah kedalam sistem pertidaksamaan linear, siswa dapat menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear dengan tepat.
18
3.  Menggunakan konsep matriksvektor, dan transformasi dalam pemecahan masalah
3.1Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain

3.2 Menentukan determinan dan invers matriks 2x2
XII/1
12. Menyelesaikan masalah matriks yang berkaitan dengan kesamaan, determinan dan atau invers matriks
19. Disajikan kesamaan dua matriks, siswa diminta menentukan elemen yang belum diketahui nilainya dengan tepat

20. Disajikan dua buah matriks, siswa dapat menentukan determinan dari operasi dua matrik tersebut dengan tepat.

21. Disajikan sebuah matriks, siswa diminta menentukan invers matrik tersebut dengan tepat.
19




20



21

4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
4.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
XII/2
13. Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku pertama deret aritmatika atau geometri

22. Disajikan dua suku deret aritmetika, siswa diminta menentukan jumlah n suku pertama

23. Disajikan dua suku deret geometri, siswa diminta menentukan suku ke-n deret tersebut

24. Disajikan deret geometri tak hingga, siswa diminta menentukan jumlah deret tersebut

22



23



24




4.2 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret
4.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya

XII/2
14. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
25. Disajikan masalah sehari-hari terkait deret aritmetika, siswa diminta menentukan jumlah deret aritmetika tersebut


25
3
Memahami limit fungsi aljabar, turunan fungsi, nilai ekstrim, dan integral fungsi serta menerapkannya dalam pemecahan masalah,
3. Menggunakan konsep limit fingsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
3.1. Menghitung limit fungsi aljabar sederhana di suatu titik.
XI/2
15. Menghitung nilai limit aljabar
26. Disajikan bentuk limit   aljabar  pecahan kuadrat , siswa dapat menentukan nilai limitnya dengan tepat.
26
3.3. Menggunakan sifat dan aturan dalam perhitungan turunan fungsi aljabar.
XI/2
16. Menentukan turunan fungsi aljabar dan aplikasinya
27. Disajikan  turunan fungsi  aljabar sederhana , siswa dapat menentukan  turunan dari fungsi tersebut dengan tepat.
28. Disajikan turunan fungsi aljabar bentuk pangkat tinggi, siswa dapat menentukan turunan fungsi tersebut dengan tepat.


29 Disajikan soal cerita dalam masalah sehari-hari mengenai nilai minimum/maksimum fungsi, siswa dapat mencari nilai minimum/maksimum fungsi tersebut dengan tepat

27




28




29


1.Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah sederhana.

1.2. Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar sederhana.
XII/1
17. Menentukan integral fungsi aljabar
30.Disajikan bentuk integral tak tentu  fungsi kuadrat. Siswa dapat menentukan hasil  integral tersebut dengan tepat.

31. Disajikan bentuk integral tertentu fungsi kuadrat, siswa dapat menentukan hasil integralnya dengan tepat.

30




31
1.3. Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva.
XII/1
18. Menentukan luas daerah dengan menggunakan integral
32. Disajikan fungsi kuadrat dengan batasan pada selang sumbu x, siswa dapat menentukan luas daerah dari fungsi kuadrat dengan integral dengan tepat

32
4.
Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data dan memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kejadian serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah
1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
XI/1
19. Menyelesaikan masalah sehari – hari yang berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau kombinasi
33. Disajikan beberapa bilangan, siswa dapat menentukan susunan bilangan terdiri dari 3 angka dengan tapat

34. Disajikan Sejumlah kandidat untuk mengisi suatu pengurus suatu organisasi, siswa dapat menentukan susunan yang terjadi dengan tepat.

35. Disajikan sejumlah atlit basket, siswa dapat menentukan banyak tim yang dapat dibentuk dari sejumlah atlit tersebut dengan tepat.

33




34




35
1.1    Menentukan ruang sampel suatu percobaan
1.2     Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya

XI/2
20. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang dan frekuensi harapan suatu kejadian

36. Diperagakan percoban pelemparan dua buah dadu, siswa dapat menentukan frekuensi harapan kejadian jumlah mata dadu lebih besar dari 9, jika dilemparkan sebanyak 72 kali.

37. Disajikan masalah kelahiran anak dalam suatu keluarga yang berencana memiliki 4 orang anak, siswa dapat menentukan peluang lahir 3 laki dan satu perempuan  dengan tepat.


36






37


1.3    Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive

XI/1
21. Menentukan unsur – unsur pada diagram lingkaran atau batang
38. Disajikan diagram lingkaran tentang  sejumlah profesi  orang tua siswa suatu sekolah, siswa dapat menentukan jumlah profesi  tertentu yang belum diketahui dengan tepat

38
1.4                Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta menafsirkannya
XI/1
22. Menghitung nilai ukuran pemusatan dari data dalam bantuk tabel atau diagram
39. Disajikan tabel distribusi frekuensi, siswa dapat menentukan modus dengan tapat

39
1.5                Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta menafsirkannya.
XI/1
23. Menentukan nilai ukuran penyebaran
40. Disajikan data tunggal, siswa dapat menentukan simpangan baku dengan tapat

40


Posting Komentar

1 Komentar