PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMA MAPEL FISIKA LK-3.1a / PERANCANGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA


PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMA MAPEL FISIKA

Tugas Individu : Drs. Achmad Saifudin, M.Pd. (SMA Negeri 13)


LK- 3.1a

 





PERANCANGAN  PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK

PADA PEMBELAJARAN FISIKA



Tujuan Kegiatan        :        Melalui diskusi kelompok peserta mampu merancang kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik
Langkah Kegiatan
1.       Pelajari hand outdan contoh  penerapan pendekatan saintifik pada pebelajaran FISIKA
2.       Isilah Lembar Kerja perancangan  pembelajaran yang tersedia
3.       Setelah selesai, presentasikan hasil diskusi kelompok Anda
4.       Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan dari kelompok lain

LEMBAR KERJA PERANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Topik/Tema
Gaya Pegas
Sub Topik/Tema
Gerak Harmonik Sederhana
Kompetensi Dasar
3.6. Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari
4.6.  Mengolah dan menganalisis hasil percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati demonstrasi, melakukan percobaan, dan berdiskusi siswa diharapkan mampu :
§  Menjelaskan tentang Gerak Harmonik Sederhana
§  Mengidentifikasi variabelvariabel yang Mempengaruhi regangan pegas
§  Melakukan percobaan gerak harmonik sederhana
§  Menjelaskan tentang pengertian periode dan frekuensi
Alokasi Waktu
1 Pertemuan (3 Jam Pelajaran)




Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati
Mengamati gerakan pegas yang bergerak turun naik secara periodik
Menanya



Pertanyaan yang diharapkan muncul dari siswa setelah mengamati demonstrasi adalah
§  Berapa kali pegas bergerak bolak-balik?
§  Berapa lama pegas bergerak satu kali bolak-balik?
Mengumpulkan informasi

§  Melakukan percobaan untuk mendapatkan frekuensi dan periode
§  Mencatat data pada kolom lembar kerja yang tersedia
Mengasosiasikan


§  Mendiskusikan hasil pengamatan dengan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan siswa
§  Menyimpulkan pengertian frekuensi dan periode
Mengkomunikasikan




§  Menyampaikan hasil pengamatan dan kesimpulan tentang Gerak harmonik sederhana
§  Menyimpulkan pengertian frekuensi dan periode
§  Hasil kajian dan percobaan pada kegiatan presentasi secara berkelompok dan merespon pertanyaan/sanggahan yang dikemukakan oleh kelompok siswa yang lain.























R - 3.1a

 


RUBRIK RANCANGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Rubrik perancangan penerapan saintifik digunakan fasilitator untuk menilai hasil rancangan peserta pelatihan dalam merancang contoh penerapan pendekatan saintifik salah satu topik FISIKA. 
Langkah-langkah penilaian hasil analisis
1.   Cermati   tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -3.1
2.   Berikan nilai pada rancangan sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil rancangan
Penilaian LK- 3.1
PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
90 < AB ≤ 100
1.    Identitas: topik, sub topik, KD dan tujuan pembelajaran dan alokasi waktu lengkap dan benar
2.    Kegiatan mengamati,menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikansesuai dengan topik/sub topik, KD, tujuan dan alokasi waktu
3.    Kegiatan mengamati,menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan lengkap, sistematis dan logis atau benar
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
Cukup (C)
70 < C  ≤ 80
Ada 1  aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤ 70
 Ketiga aspek kurang sesuai


Posting Komentar

0 Komentar