PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMA
MAPEL FISIKA
Tugas Individu : Drs. Achmad Saifudin,
M.Pd. (SMA Negeri 13)
LK- 3.1a
|
PERANCANGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK
PADA
PEMBELAJARAN FISIKA
Tujuan Kegiatan : Melalui
diskusi kelompok peserta mampu merancang kegiatan pembelajaran dengan
pendekatan saintifik
Langkah Kegiatan
1. Pelajari hand outdan contoh
penerapan pendekatan saintifik pada pebelajaran FISIKA
2. Isilah Lembar Kerja perancangan pembelajaran yang tersedia
3. Setelah selesai, presentasikan hasil
diskusi kelompok Anda
4. Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan
dari kelompok lain
LEMBAR
KERJA PERANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Topik/Tema
|
Gaya Pegas
|
Sub Topik/Tema
|
Gerak Harmonik Sederhana
|
Kompetensi Dasar
|
3.6. Menganalisis sifat
elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari
4.6. Mengolah dan menganalisis hasil percobaan
tentang sifat elastisitas suatu bahan
|
Tujuan Pembelajaran
|
Setelah mengamati demonstrasi, melakukan percobaan, dan
berdiskusi siswa diharapkan mampu :
§ Menjelaskan tentang Gerak
Harmonik Sederhana
§ Mengidentifikasi
variabelvariabel yang Mempengaruhi regangan pegas
§ Melakukan percobaan gerak
harmonik sederhana
§ Menjelaskan tentang
pengertian periode dan frekuensi
|
Alokasi Waktu
|
1 Pertemuan (3 Jam
Pelajaran)
|
Tahapan
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati gerakan pegas yang bergerak turun naik secara periodik
|
|
Menanya
|
Pertanyaan yang diharapkan muncul
dari siswa setelah mengamati demonstrasi adalah
§ Berapa kali pegas bergerak
bolak-balik?
§ Berapa lama pegas bergerak satu kali
bolak-balik?
|
Mengumpulkan informasi
|
§ Melakukan percobaan untuk mendapatkan
frekuensi dan periode
§ Mencatat data pada kolom lembar kerja
yang tersedia
|
Mengasosiasikan
|
§ Mendiskusikan hasil pengamatan dengan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan siswa
§ Menyimpulkan pengertian frekuensi dan
periode
|
Mengkomunikasikan
|
§ Menyampaikan hasil pengamatan dan
kesimpulan tentang Gerak harmonik sederhana
§ Menyimpulkan pengertian frekuensi dan
periode
§ Hasil kajian dan percobaan pada
kegiatan presentasi secara berkelompok dan merespon pertanyaan/sanggahan yang
dikemukakan oleh kelompok siswa yang lain.
|
R - 3.1a
|
RUBRIK RANCANGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Rubrik perancangan penerapan saintifik digunakan
fasilitator untuk menilai hasil rancangan
peserta pelatihan dalam merancang contoh penerapan pendekatan saintifik salah satu
topik FISIKA.
Langkah-langkah
penilaian hasil analisis
1.
Cermati tugas yang
diberikan kepada peserta pelatihan pada LK
-3.1
2.
Berikan nilai pada rancangan sesuai dengan penilaian Anda terhadap
hasil rancangan
Penilaian LK- 3.1
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik ( AB)
|
90
< AB ≤ 100
|
1. Identitas: topik, sub topik, KD dan tujuan pembelajaran dan alokasi
waktu lengkap dan benar
2. Kegiatan mengamati,menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan
dan mengkomunikasikansesuai dengan topik/sub topik, KD, tujuan dan alokasi
waktu
3. Kegiatan mengamati,menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan
dan mengkomunikasikan lengkap, sistematis dan logis atau benar
|
Baik (B)
|
80
< B ≤ 90
|
Ada 2 aspek sesuai dengan
kriteria, 1 aspek kurang sesuai
|
Cukup (C)
|
70
< C ≤ 80
|
Ada 1 aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek
kurang sesuai
|
Kurang (K)
|
≤
70
|
Ketiga aspek kurang sesuai
|
0 Komentar