PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMA MAPEL FISIKA LK-1.2 ANALISIS BUKU SISWA


PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMA MAPEL FISIKA

Tugas Indvidu : Drs. Achmad Saifudin, M.Pd. (SMA Negeri 13)

LK 2.1
 





ANALISIS BUKU SISWA


Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku siswa peserta dapat
1.       Mendeskripsikan isi buku siswa yang   sesuai dengan kegiatan perencanaan pembelajaran
2.       Mendeskripsikan  isi buku siswa yang sesuai dengan penilaian proses dan hasil belajar
3.       Menganalisis kesesuaian isi buku siswa dan menentukan tindak lanjut  berdasarkan hasil analisis
Panduan kegiatan:
1.       Kerjakanlah secara berkelompok!
2.       Pelajari format Analisis Buku Siswa
3.       Siapkan SKL, KI dan KD sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran!
4.       Cermatilah  buku siswa  yang berisi teks materi pembelajaran dan informasi lainnya seperti kegiatan siswa dan evaluasi
5.       Lakukanlah analisis terhadap buku siswa dan  tuliskan hasil analisis pada kolom yang tersedia pada format dengan cara:
§  mendeskripsikan secara singkat isi buku  sesuai dengan aspek-aspek yang dianalisis
§  memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau baik
§  menuliskan alasan Anda memilih kualifikasi tersebut
§  Berdasarkan hasil analisis, tuliskan alasan dan tindak lanjut hasil analisis ,
§  Jika kurang/tidak sesuai, Anda  disarankan untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai pengguna buku siswa untuk proses pembelajaran. 
§  Jika sesuai dengan kebutuhan, buku bisa digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran.








FORMAT ANALISIS BUKU SISWA


Judul Buku          : Fisika X untuk SMA/MA
Kelas                     :  X
Topik                     : Gaya Pegas
Komponen Buku
Deskripsi pada buku
Kualifikasi
Alasan
Tindak lanjut
Kurang
Cukup
Baik
A.   Sistematika
Judul  sesuai dengan  KD yang harus dicapai
Gaya Pegas



Pada KD menyebutkan sifat elastisitas
Sebaiknya judul diganti Elastisitas
Urutan sub topik /materi sesuai dengan  KD dan sistematika keilmuan
A. Elastisitas
1.    Tegangan
2.    Regangan
3.    Modulus elatisitas
B. Hukum Hooke
C. Susunan pegas
1. Susunan seri
2. Susunan paralel
D. Gerak Harmonik Sederhana
1.    Periode dan frekuensi pegas
2.    Simpangan gerak harmonik sederhana
3.    Kecepatan gerak harmonik sederhana
4.    Percepatan gerak harmonik sederhana
5.    Fase gerak harmonik sederhana
E. Membangun sikap dan perilaku tekun dalam mempelajari tentang gaya pegas



Sesuai



Komponen Buku
Deskripsi pada buku
Kualifikasi
Alasan
Tindak lanjut
Kurang
Cukup
Baik
B. Uraian Materi
Pendahuluan bab memotivasi siswa untuk belajar
Pada buku siswa terdapat narasi tentang melakukan percobaan menggunakan lilin platisin dan pegas


Sesuai
-
Cakupan materi setiap sub topik/sub bab  memenuhi kebutuhan pencapaian KD
Cakupan materi
A. Elastisitas
B. Hukum Hooke
C. Susunan pegas
D. Gerak Harmonik
E. Membangun sikap dan perilaku tekun dalam mempelajari tentang gaya pegas
Pencapaian KD 3.6. Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari


Sesuai
-
Kegiatan pada buku memfasilitasi pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
Pada halaman 172 terdapat pojok pengamatan, di mana siswa diminta melakukan pengamatan terhadap beberapa contoh pegas yang djumpai dalam kehidupan sehari-hari


Sesuai
-
C. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Penilaian  Pengetahuan
Terdapat evaluasi 5.1; 5.2; 5.3; 5.4; 5.5;5.6;5.7 dan 5.8 serta evaluasi Bab 5


Sesuai
-
Penilaian Sikap
Terdapat rubrik Refleksi


Sesuai
-
Penilaian Keterampilan
Kegiatan Siswa : Praktikum


Sesuai
-
Tugas
Kegiatan siswa : Diskusi


Sesuai
-


Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku siswa
Sebaiknya Bab V berjudul Elastisitas daripada Gaya Pegas, karena pada sesuai dengan Kompetensi Dasar 3.6. Menganalisis sifat elastisitas dalam kehidupan sehari-hari.


























R- 2.1
 


RUBRIK PENILAIAN ANALISIS BUKU SISWA
Rubrik penilaian analisis buku siswadigunakan fasilitator untuk menilai hasil analisis peserta pelatihan terhadap buku siswa sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
Langkah-langkah penilaian hasil analisis
1.       Cermati format penilaian analisis buku siswa   serta  hasil analisis peserta  yang akan dinilai
2.       Berikan nilai pada setiap komponen sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil analisis menggunakan rentang nilai sebagai berikut

PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
Hasil analisis tepat, tindak lanjut logis dan bisa dilaksanakan
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Hasil analisis tepat, tindak lanjut kurang logis
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut logis
Kurang (K)
≤ 70
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut tidak logis

3.       Setelah selesai penilaian masing-masing komponen, jumlahkan nilai seluruh komponen    sehingga menghasilkan  nilai hasil analisis buku siswa















Posting Komentar

0 Komentar