PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMA
MAPEL FISIKA
Tugas Indvidu : Drs. Achmad Saifudin,
M.Pd. (SMA Negeri 13)
LK 2.1
|
ANALISIS BUKU SISWA
Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku siswa peserta dapat
1.
Mendeskripsikan
isi buku siswa yang sesuai dengan kegiatan
perencanaan pembelajaran
2.
Mendeskripsikan
isi buku siswa yang sesuai dengan
penilaian proses dan hasil belajar
3.
Menganalisis
kesesuaian isi buku siswa dan menentukan tindak lanjut berdasarkan hasil analisis
Panduan kegiatan:
1.
Kerjakanlah
secara berkelompok!
2.
Pelajari
format Analisis Buku Siswa
3.
Siapkan
SKL, KI dan KD sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran!
4.
Cermatilah buku siswa
yang berisi teks materi pembelajaran dan informasi lainnya seperti
kegiatan siswa dan evaluasi
5.
Lakukanlah
analisis terhadap buku siswa dan
tuliskan hasil analisis pada kolom yang tersedia pada format dengan
cara:
§
mendeskripsikan
secara singkat isi buku sesuai dengan
aspek-aspek yang dianalisis
§
memberikan
tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau baik
§
menuliskan
alasan Anda memilih kualifikasi tersebut
§
Berdasarkan
hasil analisis, tuliskan alasan dan tindak lanjut hasil analisis ,
§
Jika
kurang/tidak sesuai, Anda disarankan
untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai
pengguna buku siswa untuk proses pembelajaran.
§
Jika
sesuai dengan kebutuhan, buku bisa digunakan sebagai sumber belajar dalam
pembelajaran.
FORMAT ANALISIS BUKU SISWA
Judul Buku :
Fisika X untuk SMA/MA
Kelas : X
Topik : Gaya Pegas
Komponen Buku
|
Deskripsi pada buku
|
Kualifikasi
|
Alasan
|
Tindak lanjut
|
||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
||||
A. Sistematika
|
||||||
Judul sesuai dengan KD yang harus dicapai
|
Gaya Pegas
|
|
√
|
|
Pada KD menyebutkan sifat elastisitas
|
Sebaiknya judul diganti Elastisitas
|
Urutan sub topik /materi sesuai
dengan KD dan sistematika keilmuan
|
A. Elastisitas
1.
Tegangan
2.
Regangan
3.
Modulus elatisitas
B. Hukum Hooke
C. Susunan pegas
1. Susunan seri
2. Susunan
paralel
D. Gerak
Harmonik Sederhana
1.
Periode dan frekuensi pegas
2.
Simpangan gerak harmonik
sederhana
3.
Kecepatan gerak harmonik
sederhana
4.
Percepatan gerak harmonik
sederhana
5.
Fase gerak harmonik sederhana
E. Membangun
sikap dan perilaku tekun dalam mempelajari tentang gaya pegas
|
|
|
√
|
Sesuai
|
|
Komponen Buku
|
Deskripsi pada buku
|
Kualifikasi
|
Alasan
|
Tindak lanjut
|
||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
||||
B. Uraian Materi
|
||||||
Pendahuluan bab memotivasi siswa
untuk belajar
|
Pada buku siswa terdapat narasi tentang melakukan percobaan
menggunakan lilin platisin dan pegas
|
|
|
√
|
Sesuai
|
-
|
Cakupan materi setiap sub topik/sub bab memenuhi kebutuhan pencapaian KD
|
Cakupan materi
A. Elastisitas
B. Hukum Hooke
C. Susunan pegas
D. Gerak
Harmonik
E. Membangun
sikap dan perilaku tekun dalam mempelajari tentang gaya pegas
Pencapaian KD 3.6. Menganalisis
sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari
|
|
|
√
|
Sesuai
|
-
|
Kegiatan pada buku memfasilitasi
pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
|
Pada halaman 172 terdapat pojok pengamatan, di mana siswa diminta
melakukan pengamatan terhadap beberapa contoh pegas yang djumpai dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
√
|
Sesuai
|
-
|
C. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
|
||||||
Penilaian Pengetahuan
|
Terdapat evaluasi 5.1; 5.2; 5.3; 5.4; 5.5;5.6;5.7 dan 5.8 serta
evaluasi Bab 5
|
|
|
√
|
Sesuai
|
-
|
Penilaian Sikap
|
Terdapat rubrik Refleksi
|
|
|
√
|
Sesuai
|
-
|
Penilaian Keterampilan
|
Kegiatan Siswa : Praktikum
|
|
|
√
|
Sesuai
|
-
|
Tugas
|
Kegiatan siswa : Diskusi
|
|
|
√
|
Sesuai
|
-
|
Deskripsi rekomendasi hasil
analisis buku siswa
Sebaiknya Bab V berjudul Elastisitas daripada Gaya Pegas, karena pada
sesuai dengan Kompetensi Dasar 3.6. Menganalisis sifat elastisitas dalam
kehidupan sehari-hari.
|
R-
2.1
|
RUBRIK PENILAIAN ANALISIS BUKU SISWA
Rubrik
penilaian analisis buku siswadigunakan fasilitator untuk menilai hasil analisis
peserta pelatihan terhadap buku siswa sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
Langkah-langkah
penilaian hasil analisis
1. Cermati format penilaian analisis
buku siswa serta hasil analisis peserta yang akan dinilai
2. Berikan nilai pada setiap komponen
sesuai dengan penilaian Anda terhadap
hasil analisis menggunakan rentang nilai sebagai berikut
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat
Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
Hasil
analisis tepat, tindak lanjut logis dan bisa dilaksanakan
|
Baik (B)
|
80
< B ≤ 90
|
Hasil
analisis tepat, tindak lanjut kurang logis
|
Cukup
(C)
|
70 < C
≤ 80
|
Hasil
analisis kurang tepat, tindak lanjut logis
|
Kurang
(K)
|
≤
70
|
Hasil
analisis kurang tepat, tindak lanjut tidak logis
|
3. Setelah selesai penilaian
masing-masing komponen, jumlahkan nilai seluruh komponen sehingga menghasilkan nilai hasil analisis buku siswa
0 Komentar