PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMA
MAPEL FISIKA
Tugas Individu : Drs. Achmad Saifudin,
M.Pd.
|
ANALISIS BUKU GURU
Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku guru peserta dapat
-
Mendeskripsikan
isi buku guru yang sesuai dengan kegiatan perencanaan
pembelajaran
-
Mendeskripsikan
isi buku guru yang sesuai dengan
penilaian proses dan hasil belajar
-
Menganalisis
kesesuaian isi buku guru dan menentukan tindak lanjut berdasarkan hasil analisis
Panduan kegiatan:
1.
Kerjakanlah
secara berkelompok!
2.
Pelajari
format Analisis Buku Guru
3.
Siapkan
SKL, KI dan KD sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran!
4.
Cermatilah buku guru
yang berisi strategi penyajian pembelajaran dan informasi lainnya
5.
Lakukanlah
analisis terhadap buku guru dan tuliskan
hasil analisis pada kolom yang tersedia pada format dengan cara:
-
mendeskripsikan
secara singkat isi buku sesuai dengan
aspek kegiatan guru
-
memberikan
tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau baik
-
menuliskan
alas an Anda memilih kualifikasi tersebut
6.
Berdasarkan
hasil analisis, tuliskan tindak lanjut hasil analisis ,
Jika
kurang/tidak sesuai, Anda disarankan
untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai
pengguna buku guru tersebut. Jika sesuai
dengan kebutuhan, buku dapat digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran.
7.
Setelahmelakukananalisisbuku guru
danbukusiswadiskusikanbagaimanaketerkaitanantarabuku guru danbukusiswa yang
Andaanalisis.
FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Judul Buku : Buku Guru Fisika untuk SMA/MA
Kelas : X
Jenjang : SMA
Topik : Gaya Pegas
Kegiatan Guru
|
Isi
buku yang relevan dengan kegiatan
guru
|
Kualifikasi
|
Alasan
|
Tindak
lanjut
|
||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
||||
A. Perencanaan Pembelajaran
|
||||||
Menentukan KI dan KD yang berkaitan
|
KI 1 - 4
KD 3.6
KD 4.6
|
|
√
|
|
KI dan ada dalam silabus
buku guru
di halaman 40,
sedangkan KD ada di halaman 126
|
Sebaiknya KI dan
KD tiap sub materi terdapat pada awal halaman bab.
|
Menentukan alokasi waktu
|
Tertulis 12 Jam
Pelajaran pada silabus di buku guru halaman 40
|
|
|
√
|
Terdapat 5 sub
topik (sub topik Hukum Hooke melalui kegiatan pratikum, sub materi Gerak
Harmonik Sederhana melalui kegiatan pengayaan)
|
-
|
Merumuskan indikator
|
Indikator
3.6.1.-3.6.7
Indikator 4.6.1.
- 4.6.2
|
|
|
√
|
Terdapat pada
awal halaman bab
|
-
|
Merumuskan tujuan pembelajaran
|
Sesuai
|
|
|
√
|
Terdapat pada
awal halaman bab
|
-
|
Menentukan cakupan materi pembelajaran
|
Sesuai
|
|
|
√
|
Terdapat pada
awal halaman bab
|
|
Menentukan pendekatan
|
Sesuai
|
|
√
|
|
Terdapat pada
awal halaman bab namun tersirat (hanya tersedia dalam sebuah kolom tanpa
judul).
|
Seharusnya
tertulis dengan jelas pendekatan
|
Menentukan model
|
Sesuai
|
|
|
√
|
Terdapat pada
halaman
|
|
Menentukan strategi
|
Sesuai
|
|
|
√
|
Tertulis dengan
jelas strategi yang harus guru lakukan setiap sub materi
|
|
Menentukan metode
|
Sesuai,
|
|
|
√
|
Tertulis saran
agar guru menggunakan metode praktikum
|
|
Menentukan media, sumber dan alat
|
Sesuai
|
|
|
√
|
seandainya ada
kendala dalam pengadaan bahan dan alat pada metode praktikum, di buku guru
terdapat link yang dapat diakses
|
|
Mendeskripsikan langkah pembelajaran
sesuai dengan pendekatan, model, danmetode
|
Sesuai,
|
|
|
√
|
setiap masuk sub
materi/sub topik terdapat lngkah-langkah yang harus dilakukan siswa atas
permintaan guru
|
|
B. Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
|
||||||
Menilai
Pengetahuan
§ Contoh instrumen
§ Pembahasan
|
Sesuai
|
|
|
√
|
Terdapat 3
evaluasi (evaluasi 5.1, 5.2, dan 5.3)
|
-
|
Menilai Sikap
§ Contoh instrumen
§ Rubrik
|
Tidak sesuai
|
|
√
|
|
Contoh instrumen
dan rubrik tidak disediakan
|
Contoh instrumen
dan rubrik seharusnya disediakan
|
Menilai Keterampilan
§ Contoh instrumen
§ Rubrik
|
Tidak sesuai
|
|
√
|
|
Contoh instrumen
dan rubrik tidak disediakan
|
Contoh instrumen
dan rubrik seharusnya disediakan
|
Portofolio
|
Tidak sesuai
|
√
|
|
|
Tidak tersedia
|
Disediakan format portofolio pada Bab 5
|
Penilaian Diri
|
Tidak sesuai
|
√
|
|
|
Tidak tersedia
|
Disediakan
format penilaian diri pada Bab 5
|
Penilaian Antar Teman
|
Tidak sesuai
|
√
|
|
|
Tidak tersedia
|
Disediakan
format penilaian antar teman pada Bab 5
|
Informasi Pengayaan Belajar
|
Gerak Harmonik Sederhana (Pengayaan)
|
|
|
√
|
Adanya materi
pengayaan
|
-
|
Informasikan hubungan guru dan Orang tua
|
Tidak sesuai
|
√
|
|
|
Tidak tersedia
|
Disediakan
format informasi hubungan guru dan
Orang tua pada Bab 5
|
Deskripsi rekomendasi hasil
analisis buku guru
|
|
RUBRIK PENILAIAN ANALISIS BUKU GURU
Rubrik
penilaian analisis buku guru digunakan fasilitator untuk menilai hasil analisis
peserta pelatihan terhadap buku guru
sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
Langkah-langkah
penilaian hasil analisis
1. Cermati format penilaian analisis
buku guru serta hasil analisis peserta yang akan dinilai
2. Berikan nilai pada setiap komponen
sesuai dengan penilaian Anda terhadap
hasil analisis menggunakan rentang nilai sebagai berikut
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat
Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
Hasil
analisis tepat, tindak lanjut logis dan bisa dilaksanakan
|
Baik (B)
|
80
< B ≤ 90
|
Hasil
analisis tepat, tindak lanjut kurang logis
|
Cukup
(C)
|
70 < C
≤ 80
|
Hasil
analisis kurang tepat, tindak lanjut logis
|
Kurang
(K)
|
≤
70
|
Hasil
analisis kurang tepat, tindak lanjut tidak logis
|
3. Setelah selesai penilaian
masing-masing komponen, jumlahkan nilai seluruh komponen sehingga menghasilkan nilai hasil analisis buku guru
0 Komentar