PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMA MAPEL FISIKA LK-2.2 - ANALISIS BUKU GURU


PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMA MAPEL FISIKA

Tugas Individu : Drs. Achmad Saifudin, M.Pd.

LK- 2.2
 
 





ANALISIS BUKU GURU


Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku guru peserta dapat
-          Mendeskripsikan isi buku guru  yang   sesuai dengan kegiatan perencanaan pembelajaran
-          Mendeskripsikan  isi buku guru yang sesuai dengan penilaian proses dan hasil belajar
-          Menganalisis kesesuaian isi buku guru dan menentukan tindak lanjut  berdasarkan hasil analisis

Panduan kegiatan:
1.       Kerjakanlah secara berkelompok!
2.       Pelajari format Analisis Buku Guru
3.       Siapkan SKL, KI dan KD sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran!
4.       Cermatilah  buku guru  yang berisi strategi penyajian pembelajaran dan informasi lainnya 
5.       Lakukanlah analisis terhadap buku guru dan  tuliskan hasil analisis pada kolom yang tersedia pada format dengan cara:
-          mendeskripsikan secara singkat isi buku  sesuai dengan aspek kegiatan guru
-          memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau baik
-          menuliskan alas an Anda memilih kualifikasi tersebut
6.       Berdasarkan hasil analisis, tuliskan tindak lanjut hasil analisis ,
Jika kurang/tidak sesuai, Anda  disarankan untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai pengguna buku guru tersebut.  Jika sesuai dengan kebutuhan, buku dapat digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran.
7.       Setelahmelakukananalisisbuku guru danbukusiswadiskusikanbagaimanaketerkaitanantarabuku guru danbukusiswa yang Andaanalisis.





FORMAT ANALISIS BUKU GURU

Judul Buku           : Buku Guru Fisika untuk SMA/MA
Kelas                      :  X
Jenjang                 : SMA
Topik                      : Gaya Pegas
Kegiatan  Guru
Isi buku yang relevan dengan  kegiatan guru
Kualifikasi
Alasan
Tindak lanjut
Kurang
Cukup
Baik
A.  Perencanaan Pembelajaran
Menentukan KI dan KD yang berkaitan
KI 1 - 4
KD 3.6
KD 4.6


KI dan ada dalam silabus buku guru
di halaman 40, sedangkan KD ada di halaman 126
Sebaiknya KI dan KD tiap sub materi terdapat pada awal halaman bab.
Menentukan alokasi waktu

Tertulis 12 Jam Pelajaran pada silabus di buku guru halaman 40


Terdapat 5 sub topik (sub topik Hukum Hooke melalui kegiatan pratikum, sub materi Gerak Harmonik Sederhana melalui kegiatan pengayaan)
-
Merumuskan indikator
Indikator 3.6.1.-3.6.7
Indikator 4.6.1. - 4.6.2


Terdapat pada awal halaman bab
-
Merumuskan tujuan pembelajaran
Sesuai



Terdapat pada awal halaman bab
-
Menentukan cakupan materi pembelajaran
Sesuai



Terdapat pada awal halaman bab

Menentukan pendekatan
Sesuai


Terdapat pada awal halaman bab namun tersirat (hanya tersedia dalam sebuah kolom tanpa judul).
Seharusnya tertulis dengan jelas pendekatan
Menentukan model
Sesuai


Terdapat pada halaman

Menentukan strategi

Sesuai


Tertulis dengan jelas strategi yang harus guru lakukan setiap sub materi

Menentukan metode

Sesuai,


Tertulis saran agar guru menggunakan  metode praktikum

Menentukan media, sumber dan alat

Sesuai


seandainya ada kendala dalam pengadaan bahan dan alat pada metode praktikum, di buku guru terdapat link yang dapat diakses

Mendeskripsikan langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan, model, danmetode
Sesuai,




setiap masuk sub materi/sub topik terdapat lngkah-langkah yang harus dilakukan siswa atas permintaan guru

B. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Menilai Pengetahuan
§ Contoh instrumen
§ Pembahasan


Sesuai


Terdapat 3 evaluasi (evaluasi 5.1, 5.2, dan 5.3)
-
Menilai Sikap
§ Contoh instrumen
§ Rubrik


Tidak sesuai


Contoh instrumen dan rubrik tidak disediakan
Contoh instrumen dan rubrik seharusnya disediakan
Menilai Keterampilan
§ Contoh instrumen
§ Rubrik
Tidak sesuai




Contoh instrumen dan rubrik tidak disediakan
Contoh instrumen dan rubrik seharusnya disediakan
Portofolio

Tidak sesuai


Tidak tersedia
Disediakan format portofolio pada Bab 5
Penilaian Diri

Tidak sesuai


Tidak tersedia
Disediakan format penilaian diri pada Bab 5
Penilaian Antar Teman

Tidak sesuai


Tidak tersedia
Disediakan format penilaian antar teman pada Bab 5
Informasi Pengayaan Belajar

Gerak Harmonik Sederhana (Pengayaan) 


Adanya materi pengayaan
-
Informasikan hubungan guru dan Orang tua
Tidak sesuai


Tidak tersedia
Disediakan format informasi  hubungan guru dan Orang tua pada Bab 5

Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku guru
  1. Sebaiknya Bab V berjudul Elastisitas daripada Gaya Pegas, karena cakupan materi Elastisitas lebih umum dibandingkan materi Gaya pegas.
  2. Rubrik penilaian sikap disediakan
  3. Contoh instrumen penilaian keterampilan dan rubrik penilaian disediakan
  4. Format penilaian portofolio disediakan
  5. Format penilaian diri disediakan
  6. Format penilaian antar teman disediakan
  7. Format Informasikan hubungan guru dan Orang tua disediakan







 
 



RUBRIK PENILAIAN ANALISIS BUKU GURU


Rubrik penilaian analisis buku guru digunakan fasilitator untuk menilai hasil analisis peserta pelatihan terhadap buku guru  sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
Langkah-langkah penilaian hasil analisis
1.     Cermati format penilaian analisis buku guru   serta  hasil analisis peserta  yang akan dinilai
2.     Berikan nilai pada setiap komponen sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil analisis menggunakan rentang nilai sebagai berikut

PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
Hasil analisis tepat, tindak lanjut logis dan bisa dilaksanakan
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Hasil analisis tepat, tindak lanjut kurang logis
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut logis
Kurang (K)
≤ 70
Hasil analisis kurang tepat, tindak lanjut tidak logis

3.       Setelah selesai penilaian masing-masing komponen, jumlahkan nilai seluruh komponen  sehingga menghasilkan  nilai hasil analisis buku guru


Posting Komentar

0 Komentar