PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMA MAPEL FISIKA LK- 3.1.B / PERANCANGAN PENERAPAN MODEL-MODEL PADA PEMBELAJARAN FISIKA

PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMA MAPEL FISIKA

Tugas Individu : Drs. Achmad Saifudin, M.Pd. (SMA Negeri 13)

 

 



LK - 3.1b
PERANCANGAN PENERAPAN MODEL-MODEL PADA  PEMBELAJARAN FISIKA

Tujuan Kegiatan   :     Pada kegiatan ini diharapkan  peserta mampu merancang pembelajaran FISIKAdengan menerapkan  model Project Based Learning, Discovery Learning  dan Problem Based Learning
Langkah Kegiatan  :
1.     Kerjakan secara berpasangan, pelajari konsep model-model pembelajaran pada hand-out  dan contoh-contoh penerapannya pada pembelajaran FISIKA
2.     Cermati lembar kerja perancangan  model pembelajaran
3.     Pilihlah satu subtopik/submateri/subtema untuk satu kali tatap muka yang sesuai salah satu    model. Sub topik/materi  yang dipilih sebaiknya sesuai dengan topik/materi yang telah dianalisis kelompok Anda pada saat Analisis Buku
4.     Isilah Lembar Kerja perancangan   model pembelajaran  sesuai dengan model yang Anda pilih
5.     Presentasikan hasil rancangan Anda
6.     Perbaiki rancangan jika ada saran atau usulan perbaikan




FORMAT PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN


Model Discovery Learning
Kompetensi Dasar
:
3.6. Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari
4.6.  Mengolah dan menganalisis hasil percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan
Topik
:
Gaya Pegas
Sub Topik
:
Gerak Harmonik Sederhana
Tujuan
:
Setelah mengamati demonstrasi, melakukan percobaan, dan berdiskusi siswa diharapkan mampu :
§  Menjelaskan tentang Gerak Harmonik Sederhana
§  Mengidentifikasi variabelvariabel yang Mempengaruhi regangan pegas
§  Melakukan percobaan gerak harmonik sederhana
§  Menjelaskan tentang pengertian periode dan frekuensi
Alokasi Waktu
:
 1 x pertemuan (3 Jam Pelajaran)

TAHAP PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.       Stimulation (simullasi/Pemberian rangsangan)
Mendemonstrasikan fenomena yang berkaitan dengan gerak harmonik sederhana dalam kehidupan sehari-hari
2.   Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
Guru memberikan masalah yang berkaitan dengan gerak harmonik sederhana, contohnya
§  Ayunan pegas
§  Per mobil (Shockbreaker mobil)
§  Faktor-faktor yang mempengaruhi Gerak harmonik Sederhana
3.   Data collection (pengumpulandata)
Melakukan percobaan untuk mendapatkan data mengenai faktor-faktor  yang mempengaruhi gerak harmonik sederhana
4.   Data processing (pengolahan Data)
Mengolah data hasil pengamatan dari gerak harmonik sederhana
5.   Verification (pembuktian)
Mendiskusikan hasil pengamatan
6.   Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
Menyimpulkan tentang fenomena gerak harmonik sederhana



R - 3.1b

RUBRIK PERANCANGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN


Rubrik perancangan penerapan saintifik dan perancangan model pembelajarandigunakan fasilitator untuk menilai hasil rancangan peserta pelatihan dalam merancang contoh penerapan pendekatan saintifik dan contoh rancangan model pembelajaran  satu topik FISIKA. 
Langkah-langkah penilaian hasil analisis
1.     Cermati   tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK- 3.1b
2.    Berikan nilai pada rancangan sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil rancangan
Penilaian LK- 3.2
PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
90 < AB ≤ 100
1.    Identitas: topik, sub topik, KD dan tujuan pembelajaran dan alokasi waktu lengkap dan benar
2.    Kegiatan pada tahapan model pembelajaran  sesuai dengan topik/sub topik, KD, tujuan dan alokasi waktu
3.    Kegiatan pada tahapan model pembelajaran  lengkap,  sistematis dan logis ( sesuai dengan sintak atau tahapan pembelajaran)
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
Cukup (C)
70 < C  ≤ 80
Ada 1  aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤ 70
Ketiga aspek kurang sesuai



Posting Komentar

0 Komentar