Tugas Individu : Drs. Achmad Saifudin,
M.Pd. (SMA Negeri 13)
LK - 3.1b
PERANCANGAN PENERAPAN
MODEL-MODEL PADA PEMBELAJARAN FISIKA
LK - 3.1b
|
Tujuan Kegiatan : Pada
kegiatan ini diharapkan peserta mampu
merancang pembelajaran FISIKAdengan menerapkan model Project
Based Learning, Discovery Learning dan Problem
Based Learning
Langkah Kegiatan :
1. Kerjakan secara berpasangan, pelajari konsep model-model pembelajaran
pada hand-out dan contoh-contoh penerapannya pada pembelajaran
FISIKA
2. Cermati lembar kerja perancangan
model
pembelajaran
3. Pilihlah satu subtopik/submateri/subtema untuk satu kali tatap muka
yang sesuai salah satu model. Sub
topik/materi yang dipilih sebaiknya
sesuai dengan topik/materi yang telah dianalisis kelompok Anda pada saat
Analisis Buku
4. Isilah Lembar Kerja perancangan
model
pembelajaran sesuai dengan model yang
Anda pilih
5. Presentasikan hasil rancangan Anda
6. Perbaiki rancangan jika ada saran atau usulan perbaikan
FORMAT
PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN
Model Discovery Learning
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.6.
Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari
4.6. Mengolah dan
menganalisis hasil percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan
|
Topik
|
:
|
Gaya Pegas
|
Sub Topik
|
:
|
Gerak Harmonik
Sederhana
|
Tujuan
|
:
|
Setelah mengamati demonstrasi, melakukan percobaan, dan
berdiskusi siswa diharapkan mampu :
§ Menjelaskan tentang Gerak
Harmonik Sederhana
§ Mengidentifikasi
variabelvariabel yang Mempengaruhi regangan pegas
§ Melakukan percobaan gerak
harmonik sederhana
§ Menjelaskan tentang
pengertian periode dan frekuensi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x
pertemuan (3 Jam Pelajaran)
|
TAHAP
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
1.
Stimulation (simullasi/Pemberian
rangsangan)
|
Mendemonstrasikan fenomena yang berkaitan dengan gerak harmonik
sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Problem statemen
(pertanyaan/identifikasi masalah)
|
Guru memberikan masalah yang
berkaitan dengan gerak harmonik sederhana, contohnya
§
Ayunan
pegas
§
Per
mobil (Shockbreaker mobil)
§
Faktor-faktor
yang mempengaruhi Gerak harmonik Sederhana
|
3. Data collection
(pengumpulandata)
|
Melakukan percobaan untuk mendapatkan
data mengenai faktor-faktor yang
mempengaruhi gerak harmonik sederhana
|
4. Data processing
(pengolahan Data)
|
Mengolah data hasil pengamatan dari gerak harmonik sederhana
|
5. Verification
(pembuktian)
|
Mendiskusikan
hasil pengamatan
|
6. Generalization
(menarik kesimpulan/generalisasi)
|
Menyimpulkan tentang fenomena gerak harmonik
sederhana
|
R - 3.1b
RUBRIK PERANCANGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN
R - 3.1b
|
Rubrik perancangan penerapan saintifik dan
perancangan model pembelajarandigunakan fasilitator untuk menilai hasil rancangan peserta
pelatihan dalam merancang contoh penerapan pendekatan saintifik dan contoh
rancangan model pembelajaran satu topik FISIKA.
Langkah-langkah penilaian hasil
analisis
1.
Cermati
tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan
pada LK- 3.1b
2. Berikan nilai pada rancangan sesuai dengan penilaian Anda terhadap
hasil rancangan
Penilaian LK- 3.2
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1. Identitas: topik, sub
topik, KD dan tujuan pembelajaran dan alokasi waktu lengkap dan benar
2. Kegiatan pada tahapan
model pembelajaran sesuai dengan
topik/sub topik, KD, tujuan dan alokasi waktu
3. Kegiatan pada tahapan
model pembelajaran lengkap, sistematis dan logis ( sesuai dengan sintak
atau tahapan pembelajaran)
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Ada 1 aspek sesuai dengan
kriteria, 2 aspek kurang sesuai
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Ketiga aspek kurang sesuai
|
0 Komentar