Rabu, 01 April 2015

KISI KISI SOAL UJIAN NASIONAL SMA MATA PELAJARAN GEOGRAFI TAHUN 2015

KISI KISI

                                                                KELOMPOK         : GEOGRAFI
                                                NO
KOMPETENSI
SK/KD
KLS/SMST
KOMPETENSI YANG DIUJI
INDIKATOR SOAL
NO SOAL
1
Mendeskripsikan hakikat, objek,
ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek
dan pendekatan geografi.

Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi/ Menjelaskan Konsep Geografi

x/ 1
Prinsip geografi
Disajikan kasus gejala geosfer ,siswa dapat menentukan penggunaan prinsip geografi dalam rangka pengkajian geosfer di muka bumi
1

2













Mendeskripsikan hakikat, objek,
ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek
dan pendekatan geografi
Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi/ Menjelaskan Konsep Geografi

x/ 1
Konsep Dasar Geografi
Disajikan kasus gejala geosfer ,siswa dapat menentukan  penggunaan konsep dasar geografi dalam rangka pengkajian geosfer di muka bumi
2
3
Mendeskripsikan hakikat, objek,
ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek
dan pendekatan  geografi
Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi/ Menjelaskan Konsep Geografi

x/ 1
Pendekatan geografi
Disajikan kasus pertambahan penduduk DKI Jakarta,siswa dapat menentukan  penggunaan pendekatan geografi dalam rangka pengkajian pertambahan penduduk di DKI Jakarta
3

4















5
Menganalisis sumber daya alam serta kaitannya dengan kehidupan manusia











Menganalisis sumber daya alam serta kaitannya dengan kehidupan manusia

Menganalisis sebaran flora dan fauna











Mengidentifikasi jenis – jenis sumber daya alam
XI / 1

Persebaran flora dan fauna













Fungsi hutan

Disajikan jenis – jenis flora diberbagai daerah tertentu di Indonesia, Siswa dapat mengidentifikasi tumbuhan khas di daerah tertentu di Indonesia dan manfaatnya

Siswa dapat menentukan fungsi hutan dalam kehidupan sehari hari

4















NO
KOMPETENSI
SK/KD
KLS/SMST
KOMPETENSI YANG DIUJI
INDIKATOR SOAL
NO SOAL
36










37









38











39












40








41








42









43






44











45









46







47










48






49.












50
Menganalisis ketrampilan dasar peta dan pemetaan dalam memahami fenomena geosfer



























Menganalisis ketrampilan dasar peta dan pemetaan dalam memahami fenomena geosfer







Menganalisis pemanfaatan citra penginderaan jauh dan SIG sebagai media informasi fenomena geosfer.






















Menganalisis wilayah dan perwilayahan di dunia














Menganalisis wilayah dan perwilayahan di dunia
























Menganalisis wilayah dan perwilayahan di dunia
1.1     Mendeskripsik-an prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan







1.2     Mendeskripsik-an prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan






1.3     Mendeskripsik-an prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan







1.3  Menganalisis lokasi indudtri dan pertanian dengan pemanfaatan peta









2.  Memahami pemanfaatan citra pengindraan jauh dan system informasi geografi (SIG)



























XII/ 1










XII/I









XII/1











XII/1












XII/1








XII/1








XII/1









XII/2







XII/2









XII/2










XII/2






XII/2










XII/2






XII/2












XII/2

















fenomena geosfer









Skala peta









Peta kontur











Lokasi industri












Manfaat  penginderaan jauh






Citra penginderaan jauh






Keunggulan sig









Fenomena geosfer

















Teori titik henti










Interaksi desa kota





Wilayah perwilayahan









Pusat pertumbuhan





Karakteristik negara maju /berkembang









Negara maju dan negara berkembang























Wilayah dan perwilayahan di Indonesia
Disajikan informasi, siswa dapat menggambarkan informasi tersebut dalam peta

Disajikan ilustrasi dua peta, siswa dapat menentukan skala peta yang tidak memiliki skala.



Disajikan kontur, Siswa dapat menafsirkan peta kontur tersebut untuk kehidupan





Disajikan grafis tataguna lahan, siswa dapat menjelaskan mengapa lokasi tertentu sesuai dengan industry tertentu




Siswa dapat mengidentifikasi manfaat penginderaan jauh di bidang tertertu

Disajikan gambar citra, siswa dapat mengidentifikasi fenomena yang tergambar pada citra tersebut

Disajikan beberapa pernyataan,siswa dapat mengidentifikasi keunggulan system informasi geografi.

Disajikan informasi, siswa dapat menentukan klasifikasi desa bedasarkan informasi tersebut

Disajikan sebuah
Gambar skema tata ruang kota siswa dapat menunjukkan teori sektoral menurut Homer Hoyt




Siswa dapat menentukan lokasi fasilitas social/ekonomi yang akan dibangun, sesuai dengan teori titik henti

Siswa dapat mengidentifikasi dampak interaksi desa-kota

Disajikan informasi suatu wilayah, siswa dapat menentukan arah pengembangan suatu wilayah
Siswa dapat menentukan alasan suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan

Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik Negara maju/berkembang


Disajikan peta,siswa dapat mengidentifikasi Negara-negara yang termasuk negara maju/berkembang







36









37










38










39












40








41








42










43









44








45









46







47










48






49











50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar