KISI - KISI SOSIOLOGI | ||||||
Jenis sekolah : SMA | ||||||
Mata Pelajaran : sosiologi | ||||||
Waktu : 120 menit | ||||||
NO | KOMPETENSI | KD | KELAS / SEM | KEMAMPUAN YANG DIUJI | INDIKATOR | NO. SOAL |
1 | Menjelaskan sosiologi sebagai ilmu sosial | Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan | X / Ganjil | Mendeskripsikan obyek kajian, kegunaan,
metode atau ciri-ciri ilmu sosiologi |
Disajikan deskripsi varibel sosial, siswa dapat mengidentifikasi variabel yang tergolong objek/ciri ilmu sosiologi dengan tepat. | 1 |
X / Ganjil | Disajikan contoh peran sarjana/ahli sosiologi, siswa dapat menjelaskan fungsi sosiologi bagi kemajuan masyarakat/pemecahan masalah sosial dengan tepat. | 2 | ||||
2 | Mendeskripsikan nilai, norma, dan sosialisasi. | Mendeskripiskan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat | X / Ganjil | Mengidentifikasi jenis/fungsi nilai atau norma sosial. | disajikan
contoh perilaku sosial berdasarkan nilai tertentu, siswa dapat
mengidentifikasi jenis/fungsi nilai bagi kehidupan sosial dengan tepat.
|
3 |
X / Ganjil | disajikan beberapa contoh perilaku sosial, siswa dapat menentukan perilaku yang terkait dengan fungsi/jenis norma yang dipatuhi dengan tepat. | 4 | ||||
X / Ganjil | Menjelaskan keteraturan sosial dalam masyarakat. | disajikan contoh keteraturan (interaksi sosial), siswa dapat menjelaskan unsur yang berpengaruh terhadap terciptanya keteraturan (interaksi) tersebutdengan tepat. | 5 | |||
X / Ganjil | Menjelaskan
tahapan/fungsi/tujuan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian |
disajikan deskripsi tentang proses sosialisasi yang dialami individu tertentu, siswa dapat menjelaskan fungsi/tujuan dari proses sosialisasi tersebut | 6 | |||
X / Ganjil | Mengidentifikasi berbagai bentuk media sosialisasi. | disajikan contoh kasus sosialisasi tertentu, siswa dapat mengidentifikasi tipe/bentuk sosialisasi tersebut dengan tepat. | 7 | |||
X / Ganjil | disajikan contoh aktivitas media sosialisasi tertentu, siswa dapat menjelaskan fungsi/peran media sosialisasi tersebut dengan tepat. | 8 | ||||
3 | Mendeskripsikan interaksi sosial dan bentuk-bentuknya. | X / Ganjil | Menjelaskan
terjadinya interaksi atau faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial |
disajikan contoh hubungan interaksi sosial tertentu, siswa dapat menjelaskan syararat/faktor yang mempengaruhi hubungan interaksinya | 9 | |
X / Ganjil | Mengidentifikasi berbagai jenis interaksi sosial. | Setelah disajikan beberapa contoh interaksi sosial, siswa dapat mengidentifikasi jenis interaksi teresebut berdasartkan bentuk/sifatnya. |
10 | |||
4 | Mendeskripsikan penyimpangan dan pengendalian sosial | X / Ganjil | Menjelaskan sebab terjadinya perilaku menyimpang. | disajikan contoh kasus munculnya perilaku menyimpang tertentu, siswa dapat menjelaskan sebabnya dengan tepat | 11 | |
X / Ganjil | disajikan beberapa contoh perilaku menyimpang di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi jenis/bentuknya dengan tepat | 12 | ||||
X / Ganjil | Mengidentifikasi
berbagai jenis perilaku menyimpang |
disajikan
contoh kasus pengendalain sosial terhadap perilaku menyimpang tertentu, siswa
dapat menjelaskan bentuk pengendalian tersebut berdasarkan cara/sifatnya
dengan tepat |
13 | |||
X / Ganjil | Mengindentifikasi
pengendalian sosial melalui berbagai jenis lembaga pengendalian sosial. |
disajikan contoh aktivitas pengendalian sosial, siswa dapat menjelaskan fungsi pengendalian atau aparat-lembaga sosial tersebut dengan tepat | 14 | |||
5 | Menganalisis struktur sosial, konflik sosial dan mobilitas sosial | X / Ganjil | Menjelaskan
bentuk struktur sosial dalam masyarakat. |
disajikan contoh pengelompokan sosial horizontal/vertikal, siswa dapat menjelaskan sifat/fungsinya dengan tepat | 15 | |
X / Ganjil | Mengidentifikasi
ciri struktur sosial dalam tahap perkembangan masyarakat. |
disajikan gambar stratifikasi sosial (agraris, feodal, kolonial, atau industri), siswa dapat menjelaskan dasar pelapisannya dengan tepat | 16 | |||
X / Ganjil | Menjelaskan
sebab atau akibat terjadinya konflik sosial. |
disajikan contoh konflik sosial di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi sebab/bentuknya dengan tepat | 17 | |||
X / Ganjil | Menjelaskan proses sosial dalam
penyelesaian konflik. |
disajikan kasus konflik, siswa dapat menjelaskan akibat positif/negatifnya dengan tepat | 18 | |||
Mengidentifikasi berbagai sifat/bentuk/faktor pendorong/faktor penghambat mobilitas sosial. |
disajikan
contoh proses penyelesaian konflik sosial tertentu, siswa dapat
mengidentifikasi bentuk akomodasinya. |
19 | ||||
disajikan
skema mobilitas sosial, siswa dapat menjelaskan bentuk proses
mobilitasnya. |
20 | |||||
Menjelaskan saluran/cara/akibat dari mobilitas sosial. | disajikan
beberapa gejala sosial di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi yang
sifatnya menghambat / mendorong laju
mobilitas vertikal. |
21 | ||||
disajikan contoh mobilitas vertikal yang dialami individu tertentu, siswa dapat mengidentifikasi cara /saluran sirkulasi sosialnya dengan tepat | 22 |
0 Komentar