STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
KD
|
KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
KELAS
|
INDIKATOR SOAL
|
NO SOAL
|
||||||
X
|
XI
|
XII
|
|||||||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
||||||
1
|
Memahami
prinsip-prinsip mengukuran besaran
fisika secara langsung dan tidak langsung dengan cermat, teliti dan obyektif.
|
Membaca
hasil pengukuran suatu alat ukur dan
menentukan hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting.
|
Ö
|
· Disajikan gambar hasil pengukuran benda dengan menggunakan jangka sorong,
siswa dapat menentukan luas bidang menurut aturan angka penting.
|
1
|
||||||
Melakukan penjumlahan vektor
|
Menentukan
besar
dan arah vektor serta
menjumlah /mengurangkan
besaran-besaran vektor dengan berbagai cara.
|
Ö
|
· Disajikan data dan gambar tiga vektor kecepatan, siswa dapat menghitung
resultan ketiga vektor .
· Disajikan data dan gambar mata angin,siswa dapat menghitung perpindahan
benda
|
2
3
|
|||||||
2
|
Memahami gejala alam
dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar,usaha,
kekekalan energi, elastisitas,impuls, momentum dan masalah Fluida.
|
Menganalisis besaran fisika pada gerak
dengan kecepatan dan percepatan konstan.
|
Menentukan
besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak
parabola.
|
· Disajikan grafik V – t gerak benda
yang melakukan glbb, siswa dapat menentukan salah satu besaran yang terkait.
|
4
5
|
||||||
Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan.
|
·
Disajikan data dan grafik
gerak parabola, siswa dapat menentukan salah satu besaran terkait pada titik
tertinggi atau terjauh.
|
||||||||||
Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan
menggunakan vektor
|
|||||||||||
Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus,
gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan
|
Menentukan
berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
· Disajikan gambar dari dua benda yang dihubungkan dengan tali dan katrol
yang licin,siswa dapat menghitung besaran gerak benda dari gerak sistem benda.
|
6
|
||||||||
Menganalisis
keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
|
· Disajikan data dan gambar dari dua tempat di dalam medan gravitasi, siswa
dapat membandingkan nilai kuat medan gravitasi / berat benda dari dua tempat
dengan medan gravitasi yang berbeda
|
7
|
|||||||||
Menformulasikan
hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan
hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar
|
Menentukan
besaran-besaran fisis dinamika rotasi (torsi, momentum sudut, momen inersia,
atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah
benda tegar.
|
·
Disajikan data dan gambar dua benda yang dihubungkan
dengan tali dan katrol yang kasar, siswa
dapat menentukan salah satu besaran terkait..
|
8
|
||||||||
· Disajikan gambar gabungan dua bangun luas
homogen dengan ukuran tertentu, siswa dapat menentukan koordinat titik berat dari acuan titik tertentu.
|
9
|
||||||||||
Menganalisis
hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik
|
Menentukan
hubungan usaha
dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan
besaran-besaran yang terkait.
|
·
Disajikan data benda yang
sedang bergerak lurus berubah beraturan, siswa dapat menentukan usaha yang
bekerja pada benda tersebut berdasarkan perubahan energi benda.
|
10
|
||||||||
Menganalisis
pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan
|
Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan atau menentukan
besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas.
|
· Disajikan pernyataan-pernyataan
dan data percobaan yang berkaitan dengan sifat elastisitas bahan, siswa
dapat menyimpulkan pernyataan yang benar sesuai dengan konsep
.
|
11
|
||||||||
Menerapkan hukum
kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari
|
Menentukan
besaran-besaran
fisis yang terkait dengan hukum kekekalan
energi mekanik.
|
·
Disajikan data dan gambar
benda yang bergerak (horizontal/vertikal/bidang miring), siswa dapat
menentukan besaran-besaran yang terkait dengan menerapkan hukum
kekekalan energi mekanik.
|
12
|
||||||||
Menunjukkan
hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah
tumbukan
|
Menentukan besaran-besaran fisis yang
terkait dengan tumbukan,impuls
atau hukum kekekalan momentum.
|
· Siswa dapat menentukan salah satu besaran yang terkait dengan penerapan
hubungan antara
impuls dan perubahan momentum .
· Disajikan data dan ilustrasi tumbukan lenting sempurna/tidak lenting sama
sekali, siswa dapat menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan
hukum kekekalan momentum.
|
13
14
|
||||||||
Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan
dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan
dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
· Siswa dapat menerapkan azas Bernoulli untuk menjelaskan gaya angkat pada
benda yang berada di dalam fluida bergerak.
|
15
|
||||||||
3
|
Memahami konsep kalor
dan prinsip konservasi kalor,serta sifat gas ideal,dan perubahannya yang
menyangkut hukum termodinamika dalam
penerapannya mesin kalor.
|
Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat
|
Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat,
perpindahan kalor, atau asas Black dalam pemecahan masalah.
|
||||||||
Menganalisis cara perpindahan kalor
|
· Disajikan data dan ilustrasi perpindahan kalor, Siswa dapat menentukan
suhu sambungan dua logam yang berbeda
koefisiennya
|
16
|
|||||||||
Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah
|
· Disajikan logam yang
suhunya lebih tinggi dimasukkan kedalam air yang suhunya lebih rendah, siswa
dapat menentukan suhu ketika terjadi keseimbangan kalor
|
17
|
|||||||||
Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal
monoatomik
|
Menjelaskan persamaan umum gas ideal pada berbagai
proses termodinamika dan penerapannya.
|
·
Siswa dapat memilih pernyataan yang benar dari beberapa pernyataan yang
berkaitan dengan proses termodinamika.
|
18
|
||||||||
Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika
|
Menentukan besaran fisis yang berkaitan
dengan proses termodinamika pada mesin kalor.
|
· Disajikan grafik P-V pada gas ideal, siswa dapat menentukan berbagai besaran fisis dalam proses
termodinamika pada mesin kalor.
|
19
|
||||||||
4
|
Menganalisis konsep
dan prinsip gelombang,optik dan bunyi dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
|
Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum
|
Menentukan
cirri-ciri dan
besaran fisis pada gelombang.
|
·
Disajikan data dan
persamaan gelombang berjalan pada benda, siswa dapat menentukan cepat rambat
gelombang.
|
20
|
||||||
Mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik
|
Menjelaskan
berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||||||||||
Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari
|
· Siswa dapat mengidentifikasi
manfaat atau bahaya dari gelombang elektromagnet
|
21
|
|||||||||
Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
|
Menentukan
besaran-besaran fisis
yang terkait dengan pengamatan pada mikroskop atau
teropong.
|
· Disajikan data
pengamatan menggunakan mikroskop,
siswa dapat menghitung perbesaran total bayangan untuk pengamatan berakomodasi maksimum.
|
22
|
||||||||
Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya
|
Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwa interferensi
dan difraksi.
|
·
Disajikan data dan gambar
interferensi benda pada celah ganda ,
siswa dapat menentukan panjang
gelombang cahaya yang digunakan.
|
23
|
||||||||
Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya
|
Menentukan
besaran-besaran fisis
yang berkaitan dengan peristiwa efek
Doppler.
|
· Disajikan data dan ilustrasi efek doppler,siswa dapat menentukan frekuensi pendengar akibat efek Doppler.
|
24
|
||||||||
Menerapkan
konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
|
Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyi
pada berbagai kondisi yang berbeda.
|
· Disajikan data dan ilustrasi sumber bunyi, Siswa dapat menentukan taraf
intensitas bunyi dari beberapa sumber bunyi.
|
25
|
||||||||
5.
|
Memahami konsep dan
prinsip kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai
penyelesaian masalah.
|
Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik,
fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada
keping sejajar
|
Menentukan
besaran-besaran
fisis yang mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.
|
·
Disajikan data dan
ilustrasi tiga muatan titik segaris, siswa dapat menentukan gaya
elektrostatik pada salah
satu muatan
·
Disajikan data dan gambar
dua muatan listrik segaris, siswa dapat menentukan nilai dan arah kuat medan
listrik di suatu titik.
|
26
27
|
||||||
Menentukan
besaran fisis
fluks,potensial listrik, atau energi potensial listrik, serta penerapannya
pada kapasitas keping sejajar.
|
·
Disajikan data dan tabel
5 macam kapasitor keping sejajar, siswa dapat menentukan kapasitas terbesar.
|
28
|
|||||||||
Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop).
|
Menentukan besaran-besaran
listrik pada suatu rangkaian
berdasarkan hukum Kirchhoff.
|
· Disajikan gambar rangkaian tertutup, siswa dapat menentukan kuat arus
pada rangkaian tertutup.
|
29
|
||||||||
Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik
pada beberapa produk teknologi
|
Menentukan
induksi magnetik
di sekitar kawat
berarus
listrik.
|
· Disajikan gambar dua kawat lurus berarus listrik, siswa dapat
menentukan induksi magnetik di salah
satu titik diantara kedua kawat.
|
30
|
||||||||
Menerapkan induksi magnetik dan
gaya magnetik pada beberapa produk teknologi
|
Menentukan gaya magnetik
(gaya Lorentz) pada kawat berarus
listrik atau muatan listrik yang
bergerak dalam medan magnet homogen.
|
· Disajikan gambar gerak muatan di daerah medan magnet, siswa dapat
menentukan besaran yang mempengaruhinya dari timbulnya gaya magnet.
|
31
|
||||||||
Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus
bolak-balik serta penerapannya
|
Menjelaskan
factor-faktor
yang mempengaruhi GGL induksi atau prinsip kerja transformator.
|
· Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi .
|
32
|
||||||||
Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus
bolak-balik serta penerapannya
|
Menjelaskan besaran-besaran fisis pada rangkaian
arus bolak-balik yang mengandung resistor,induktor,dan kapasitor.
|
· Disajikan diagram rangkaian RLC, siswa
dapat menghitung salah satu besaran fisis yang terkait diagram rangkaian RLC
· Siswa dapat memilih pernyataan yang benar
dari beberapa pernyataan yang berkaitan dengan tercapainya keadaan resonansi
pada rangkaian arus bolak-balik yang mengandung RLC.
|
33
34
|
||||||||
6.
|
Memahami konsep dan
prinsip kuantum,relativitas,fisika inti dan radioaktivitas dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Mendeskripsikan perkembangan
teori atom
|
Menjelaskan
berbagai teori atom.
|
·
Disajikan pernyataan
berbagai model atom, siswa dapat menjelaskan salah satu model atom dengan benar
|
35
|
||||||
Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum
yang mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya
|
Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait dengan
peristiwa efek foto listrik/efek Compton.
|
·
Siswa dapat menjelaskan
tentang makin kuat intensitas cahaya yang digunakan pada peristiwa efek foto
listrik.
|
36
|
||||||||
Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu,
panjang, dan massa, serta kesetaraan
massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi
|
Menentukan besaran-besaran fisis
terkait dengan teori relativitas.
|
· Disajikan data tentang benda antariksa dengan energi kinetiknya sama
dengan 1/12 kali energi diamnya, siswa dapat menentukan kecepatan pada benda tersebut.
|
37
|
||||||||
Mengidentifikasi karakteristik inti atom dan radioaktivitas
|
Menentukan
besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.
|
·
Disajikan reaksi inti
atom, siswa dapat menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.
·
Disajikan data reaksi
inti atom nitrogen ditembak neutron , siswa dapat menentukan jenis partikel
yang dipancarkan.
|
38
39
|
||||||||
Mendeskripsikan pemanfaatan
radioaktif dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
|
Menjelaskan pemanfaatan zat
radioaktif dalam berbagai aspek kehidupan.
|
· Disajikan beberapa pernyataan tentang manfaat radioisotop dalam
kehidupan, siswa dapat mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam kehidupan .
|
40
|
0 Komentar