KISI KISI UJIAN NASIONAL SMA MATA PELAJARAN FISIKA TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015

KISI KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015



STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
KD
KEMAMPUAN YANG DIUJI
KELAS
INDIKATOR SOAL
NO SOAL
X
XI
XII
1
2
1
2
1
2
1
Memahami prinsip-prinsip mengukuran  besaran fisika  secara  langsung dan tidak langsung dengan  cermat, teliti dan obyektif.
Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
Membaca hasil pengukuran suatu alat ukur dan menentukan hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting.
Ö





·   Disajikan gambar hasil pengukuran benda dengan menggunakan jangka sorong, siswa dapat menentukan luas bidang menurut aturan angka penting.
1
Melakukan penjumlahan vektor
Menentukan besar dan arah vektor  serta menjumlah /mengurangkan  besaran-besaran vektor dengan berbagai cara.
Ö





·   Disajikan data dan gambar tiga vektor kecepatan, siswa dapat menghitung resultan ketiga vektor .

·   Disajikan data dan gambar mata angin,siswa dapat menghitung perpindahan benda

2




3
2
Memahami gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar,usaha, kekekalan energi, elastisitas,impuls, momentum  dan masalah Fluida.
Menganalisis besaran fisika pada gerak  dengan kecepatan dan percepatan konstan.
Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola.






·   Disajikan grafik V – t  gerak benda yang melakukan glbb, siswa dapat menentukan salah satu besaran yang terkait.
4




5
Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan.







·   Disajikan data dan grafik gerak parabola, siswa dapat menentukan salah satu besaran terkait pada titik tertinggi atau terjauh.
Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor 






Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan

Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.






·   Disajikan gambar dari dua benda yang dihubungkan dengan tali dan katrol yang licin,siswa dapat menghitung besaran gerak benda dari gerak sistem benda.
6
Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton







·   Disajikan data dan gambar dari dua tempat di dalam medan gravitasi, siswa dapat membandingkan nilai kuat medan gravitasi / berat benda dari dua tempat dengan medan gravitasi yang berbeda
7
Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar
Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi (torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar.






·   Disajikan data dan gambar dua benda yang dihubungkan dengan tali dan katrol yang kasar, siswa  dapat menentukan salah satu besaran terkait..

8







·   Disajikan gambar gabungan dua bangun luas  homogen dengan ukuran tertentu, siswa dapat menentukan koordinat  titik berat dari acuan  titik tertentu.

9
Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik
Menentukan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait.






·   Disajikan data benda yang sedang bergerak lurus berubah beraturan, siswa dapat menentukan usaha yang bekerja pada benda tersebut berdasarkan perubahan energi benda.

10
Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan

Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat  elastisitas bahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas.






·   Disajikan pernyataan-pernyataan dan data percobaan yang berkaitan dengan sifat elastisitas bahan, siswa dapat  menyimpulkan  pernyataan yang benar sesuai dengan konsep .

11
Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari

Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan  energi mekanik.






·   Disajikan data dan gambar benda yang bergerak (horizontal/vertikal/bidang miring),  siswa dapat  menentukan besaran-besaran yang terkait dengan menerapkan  hukum  kekekalan  energi mekanik.

12
Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan tumbukan,impuls  atau  hukum kekekalan momentum.






·   Siswa dapat menentukan salah satu besaran yang terkait dengan penerapan hubungan  antara  impuls dan  perubahan  momentum .
·   Disajikan data dan ilustrasi tumbukan lenting sempurna/tidak lenting sama sekali, siswa dapat menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan momentum.
13





14
Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Menjelaskan hukum-hukum  yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.






·   Siswa dapat menerapkan azas Bernoulli untuk menjelaskan gaya angkat pada benda yang berada di dalam fluida bergerak.
15
3
Memahami konsep kalor dan prinsip konservasi kalor,serta sifat gas ideal,dan perubahannya yang menyangkut hukum  termodinamika dalam penerapannya mesin kalor.
Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat

Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat, perpindahan kalor, atau asas Black dalam pemecahan masalah.








Menganalisis cara perpindahan kalor






·   Disajikan data dan ilustrasi perpindahan kalor, Siswa dapat menentukan suhu  sambungan dua logam yang berbeda koefisiennya

16
Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah







·   Disajikan logam yang suhunya lebih tinggi dimasukkan kedalam air yang suhunya lebih rendah, siswa dapat menentukan suhu ketika terjadi keseimbangan kalor

17
Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal  monoatomik

Menjelaskan persamaan umum gas ideal pada berbagai proses termodinamika dan penerapannya.






·   Siswa dapat memilih pernyataan yang benar dari beberapa pernyataan yang berkaitan dengan proses termodinamika.

18
Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum  termodinamika

Menentukan besaran fisis yang berkaitan dengan proses termodinamika pada mesin kalor.






·   Disajikan grafik P-V pada gas ideal, siswa dapat menentukan  berbagai besaran fisis dalam proses termodinamika pada mesin kalor.
19
4
Menganalisis konsep dan prinsip gelombang,optik dan bunyi dalam berbagai  penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum

Menentukan cirri-ciri dan besaran fisis pada gelombang.






·   Disajikan data  dan persamaan gelombang berjalan pada benda, siswa dapat menentukan cepat rambat gelombang.

20
Mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik
Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari.








Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari







·   Siswa dapat mengidentifikasi manfaat atau bahaya dari gelombang elektromagnet
21
Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan pengamatan pada mikroskop atau teropong.






·   Disajikan data pengamatan  menggunakan mikroskop, siswa dapat menghitung perbesaran total bayangan untuk pengamatan  berakomodasi  maksimum.

22
Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya

Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwa interferensi dan difraksi.






·   Disajikan data dan gambar interferensi  benda pada celah ganda , siswa dapat menentukan  panjang gelombang cahaya yang digunakan.

23
Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya

Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitan dengan peristiwa  efek Doppler.






·   Disajikan data dan ilustrasi efek doppler,siswa dapat menentukan frekuensi pendengar  akibat efek Doppler.
24
Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyi pada berbagai kondisi yang berbeda.






·   Disajikan data dan ilustrasi sumber bunyi, Siswa dapat menentukan taraf intensitas bunyi dari beberapa sumber bunyi.
25
5.
Memahami konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai penyelesaian masalah.
Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
Menentukan besaran-besaran fisis yang mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.






·   Disajikan data dan ilustrasi tiga muatan titik segaris, siswa dapat menentukan gaya elektrostatik  pada  salah  satu muatan

·   Disajikan data dan gambar dua muatan listrik segaris, siswa dapat menentukan nilai dan arah kuat medan listrik di suatu titik.

26





27

Menentukan besaran fisis fluks,potensial listrik, atau energi potensial listrik, serta penerapannya pada kapasitas keping sejajar.






·   Disajikan data dan tabel 5 macam kapasitor keping sejajar, siswa dapat menentukan kapasitas terbesar.
28
Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop).
Menentukan besaran-besaran listrik  pada suatu rangkaian berdasarkan hukum  Kirchhoff.






·   Disajikan gambar rangkaian tertutup, siswa dapat menentukan kuat arus pada rangkaian tertutup.
29
Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi


Menentukan induksi magnetik di sekitar kawat berarus listrik.






·   Disajikan gambar dua kawat lurus berarus listrik, siswa dapat menentukan  induksi magnetik di salah satu titik diantara kedua kawat.
30
Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi


Menentukan gaya magnetik (gaya Lorentz) pada  kawat berarus listrik atau muatan  listrik yang bergerak  dalam  medan magnet homogen.






·   Disajikan gambar gerak muatan di daerah medan magnet, siswa dapat menentukan besaran yang mempengaruhinya dari timbulnya gaya magnet.
31
Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya
Menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi atau prinsip kerja transformator.






·   Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi .
32
Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya
Menjelaskan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus bolak-balik yang mengandung resistor,induktor,dan kapasitor.






·   Disajikan diagram rangkaian RLC, siswa  dapat menghitung salah satu besaran fisis yang terkait  diagram rangkaian RLC

·     Siswa dapat memilih pernyataan yang benar dari beberapa pernyataan yang berkaitan dengan tercapainya keadaan resonansi pada rangkaian arus bolak-balik yang mengandung RLC.
33






34
6.
Memahami konsep dan prinsip kuantum,relativitas,fisika inti dan radioaktivitas  dalam  kehidupan sehari-hari.
Mendeskripsikan perkembangan teori atom


Menjelaskan berbagai teori atom.






·   Disajikan pernyataan berbagai model atom, siswa dapat menjelaskan salah satu model atom  dengan benar
35
Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya
Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait dengan peristiwa efek foto listrik/efek Compton.






·   Siswa dapat menjelaskan tentang makin kuat intensitas cahaya yang digunakan pada peristiwa efek foto listrik.
36
Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan  massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi
Menentukan besaran-besaran fisis terkait dengan teori relativitas.






·   Disajikan data tentang benda antariksa dengan energi kinetiknya sama dengan 1/12 kali energi diamnya, siswa dapat menentukan kecepatan  pada benda tersebut.
37
Mengidentifikasi  karakteristik inti atom dan radioaktivitas
Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.






·   Disajikan reaksi inti atom, siswa dapat menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.

·   Disajikan data reaksi inti atom nitrogen ditembak neutron , siswa dapat menentukan jenis partikel yang dipancarkan.
38




39
Mendeskripsikan pemanfaatan radioaktif dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
Menjelaskan pemanfaatan zat radioaktif dalam berbagai aspek kehidupan.






·   Disajikan beberapa pernyataan tentang manfaat radioisotop dalam kehidupan, siswa dapat mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam kehidupan .
40

Posting Komentar

0 Komentar