SMAN 52 Jakarta memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

SMAN 52 Jakarta memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023, dengan menggelar upacara bendera di halaman sekolah pada jam 6.30 WIB.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 diikuti oleh siswa kelas X dan XI, Bapak Ibu Guru, serta karyawan SMAN 52 Jakarta. Sebagai pembina upacara Bapak Bimo Raharjo, S.Pd, Wakil Kepala Sekolah Sarana Prasara yang mewakili Kepala Sekolah yang sedang mengikuti upacara di SMAN 72 Jakarta.

Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada Keppres Nomor 24 Tahun 2016, tanggal 1 Juni merupakan hari penting dalam kalender bangsa Indonesia dimana tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Tema Harlah Pancasila 2023 adalah “Gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global”.

Dalam sambutannya Pembina Upacara Dengan mengingatkan kita akan ideologi negara Indonesia yaitu Pancasila.

Pancasila mengandung 5 (lima) nilai universal dasar, yakni :

1. KeTuhanan
Dalam menyusun dan melaksanakan kebijakan, kita harus melihat dari aspek spiritualitas yang selaras dengan budaya bangsa Indonesia.

2. Kemanusiaan

Kita harus mengangkat derajat manusia dan mengutamakan harkatmartabat manusia dalam kebijakan dan pelaksanaan program-program negara.

3. Kebhinekaan

Indonesia mencakup seluruh pulau dan suku bangsa, perlu melihat kemajemukan tersebut sebagai satu kesatuan. Kemendikbudristek menyusun Kurikulum Merdeka untuk membuat pembelajaran lebih relevan dengan lingkungan sekitar.

4. Demokrasi

Indonesia perlu membekali anak-anak kita untuk mampu berinteraksi, bersuara, dan berpendapat untuk mengemukakan pemikirannya.

5. Keadilan Sosial

Negara harus memperlakukan siapa pun secara setara, tanpa pandang bulu, termasuk memastikan akses pendidikan yang inklusif gender dan difabel.

Upacara yang berlangsung tertib diakhiri dengan pembacaan doa yang mendoakan bangsa Indonesia untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.









Posting Komentar

0 Komentar